Retno Kusumaningsih

Hari ini milik saya Mengajar di SMK Negeri 1 Musuk, dengan 2 puteri. Bertempat tinggal di Boyolali Jawa tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web

APIK Tantangan Menulis Hari ke 17

APIK

# Tantangan Menulis Hari ke 17#

Penyusunan Best practice memang bukan hasil penelitian. Namun Karya best practice merupakan keberhasilan guru atau kelompok guru dalam menghadapi permasalahan pendidikan di satuan pendidikan. Karena best practice bukan hasil penelitian dan menunjukkan kecemerlangan ide dari guru atau kelompok guru, maka pengalaman ini harus ditunjukkan dari keberhasilan selama minimal dua tahun.

Dalam penulisan Best practice harus memenuhi kaidah APIK. APIK dari kata Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten. Asli, Suatu laporan best practice merupakan karya asli penulis.bukan merupakan plagiat, jiplakan atau disusun dengan prosedur yang tidak jujur. asli pengalaman terbaik dari guru. Salah satu hal yang menjadi penyebab ditolaknya best practice adalah keasilannya diragukan, atau terdapat kemiripan yang mencolok dengan publikasi orang lain.

Perlu, Penulisan best practice merupakan hal yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru yang bersangkutan.

Ilmiah, best practice yang ditulisdisajikan dengan menggunakan kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan.

Konsisten, dalam penulisan best practice , data pendukung yang ditulis harus konsisten. isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penulis. Bila penulis seorang guru, maka isi laporan harus berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan mengulas permasalahan tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah.

Boyolali, 31 Maret 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post