Revina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA  PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK

Jaring - jaring adalah rangkaian bangun datar yang menyusun suatu bangun ruang. Jaring - jaring kubus dan balok merupakan salah satu materi pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP dan materi ini hanya terdapat konsep mengenai jaring - jaring kubus dan balok. Hal ini membuat materi tersebut terasa membosankan dalam pembelajaran, akan tetapi materi ini sangat diperlukan untuk materi selanjutnya, yaitu menentukan luas permukaan kubus maupun balok.

Berdasarkan kenyataan di atas, ketika saya melakukan pembelajaran pada materi jaring - jaring kubus, saya merancang pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa supaya pembelajaran tidak terasa membosankan.

Saya membuat beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdiri atas 4 - 5 orang. Setiap kelompok mendapatkan Lembar Kerja yang berisi perintah untuk membuat jaring - jaring kubus maupun balok sebanyak mungkin dari kertas berpetak. Jaring - jaring kubus maupun balok yang telah mereka buat, mereka tempelkan pada selembar kertas asturo. Untuk menambah semangat siswa dalam mengerjakan, bagi kelompok yang mendapatkan jaring - jaring kubus dan balok terbanyak akan mendapatkan award.

Pada akhir pembelajaran, siswa memberikan kesan bahwa pembelajaran pada hari itu menyenangkan dan tidak membosankan. Bahkan ada kelompok di salah satu kelas VIII yang mendapatkan sembilan macam jaring - jaring kubus.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post