Rifni Hayati

Seorang guru Biologi yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SMAN 29 Jakarta sejak Agustus 2021. Aktif di Komunitas Kepala Sekolah SMA sebagai Ketua Wilayah MK...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ayoo... Berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta

Ayoo... Berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta

Oleh: Rifni Hayati

 

Salah satu aternatif destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi di daerah Jakarta adalah Taman Margasatwa Ragunan yang disingkat TMR. Lokasinya berada di wilayah Selatan kota Jakarta, tepatnya di Jalan Harsono RM No.1 Ragunan Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan. TMR ini diresmikan pada tanggal 22 Juni 1966 oleh Jendral Ali Sadikin yang menjadi Gubernur DKI Jakarta saat itu.

Bagi saya, Kebun Binatang Ragunan ini merupakan tempat wisata edukasi. Dulu ditahun 1993 sampai dengan 2003, saat tinggal di daerah Pondok Labu saya sering membawa anak-anak yang ketika itu masih usia TK dan SD ke TMR ini. Sambil berwisata, saya juga mengedukasi anak-anak melalui flora dan fauna yang ada di sini. Dengan luas areal 147 hektar, TMR ini ditumbuhi 50.000 pohon yang terdiri dari 2000 spesies tanaman. Belum lagi dengan faunanya yang beraneka jenis jumlah dan bentuknya, lebih dari 2000 spesies hewan berada di TMR ini.

Taman Margasatwa ini tidak hanya mempertontonkan hewan dan tumbuhan saja, tetapi juga dilengkapi dengan sarana wisata edukasi yang menarik. Salah satunya adalah Pusat Primata Schmutzer yang menyatu dalam area konservasi primata Indonesia. Ada beberapa primata Indonesia yang dipelihara di sini. Gorilla dan simpanse serta beberapa primata eksotis lainnya yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Di tengah area Primata Schumutzer ini terdapat Taman Refleksi yang memiliki batu-batu khusus yang didesain untuk refleksi kaki. Lumayan juga, sambil berwisata kita bisa berolah raga santai di taman refleksi.

Di area Taman Satwa Anak, kita dapat menemukan hewan yang beraneka. Ada burung kakatua yang pandai berbicara, juga ada miniterarrium yang mengoleksi ular Condrophyton yang besar. Selain itu terdapat jenis rodentia ( binatang pengerat ) raksasa Kapibara. Beraneka jenis ikan juga bisa disaksikan di area Satwa Anak ini.

Selain menyaksikan hewan dan tumbuhan, di TMR ini terdapat sarana rekreasi lainnya. Ada Gajah, kuda dan Unta yang bisa ditunggangi khusus di hari Minggu atau  hari libur nasional. Terdapat gajah dan kuda jinak yang bisa dinaiki anak-anak dengan ditemani perawat dan pelatih hewan. Unta yang merupakan hewan dari Timur Tengah juga banyak diminati untuk ditunggangi. Rekreasi menunggangi binatang ini merupakan sarana melatih keberanian dan kemandirian anak. Awalnya mereka takut, tetapi setelah melihat anak-anaka lain dengan riang gembira berhasil menunggangi hewan pilihannya, mereka pun ingin mencoba.

Di Tengah Taman Wisata Ragunan terdapat kolam besar seluas 200meter pesegi dengan beberapa pulau di tengahnya. Untuk menikmati pemandangan di kolam ini disediakan perahu angsa yang bisa dikendarai dengan cara mengayuh pedal perahu. Selain itu juga terdapat tempat penyewaan sepeda. Pengunjung dapat memilih menyewa sepeda tunggal atau sepeda ganda. Jika lelah berjalan, anak-anak dan orang tua bisa naik kereta keliling TMR sembari mengamati satwa yang dilewati kereta.

Pada arena Pentas Satwa, pengunjung dapat menyaksikan atraksi hewan yang sudah terlatih. Diantaranya ada atraksi burung kakatua memasukkan gelang warna-warni dan juga ada pentas satwa beruang naik sepeda didampingi pelatihnya. Beberapa atraksi hewan sangat menghibur anak-anak yang berkunjung bersama orang tuanya ke Taman Margasatwa Ragunan.

Yang perlu diperhatikan jika akan berkunjung ke TMR ini adalah jadwal buka tutupnya. Taman Margasatwa ini dibuka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB. Setiap hari Senin TMR ditutup karena merupakan hari istirahat untuk hewan yang ada di dalamnya. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI sebagai pengelolanya telah menetapkan jadwal seperti ini agar hewan yang ada di TMR dapat beristirahat dan tidak merasa kelelahan karena beratraksi terus menerus di depan pengunjung. Untuk mencegah kerumunan saat antri membeli tiket masuk TMR, maka pengunjung juga dapat membeli tiket online yang dipesan pada saat H-1 kunjungan ke Taman Margasatwa Ragunan ini. Dan pembayaran tiket masuk hanya dilayani pembayarannya melalui kartu JakCard Bank DKI.

=================Baitii Jannatii10 Oktober 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bu kepsek. Sukses selalu. Salam literasi!

10 Oct
Balas

Mksh pak Dede... sudah mampir ke lapak saya,,, Sdh lama tidak menulis di sini... semoga bisa lanjut tantangan MGI lagi

10 Oct

Tulisannya bagus Bu Rifni, salam sehat dan sukses selalu

10 Oct
Balas

Mksh Bu Nunung... Sehat dan sukses slalu ya Bu

12 Oct



search

New Post