Rifni Hayati

Seorang guru Biologi yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SMAN 29 Jakarta sejak Agustus 2021. Aktif di Komunitas Kepala Sekolah SMA sebagai Ketua Wilayah MK...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fasilitas Isoman Gratis dari Kemenkes

Fasilitas Isoman Gratis dari Kemenkes

Oleh: Rifni Hayati

Saat hasil test Swab PCR saya sekeluarga dinyatakan positif, maka otomatis kami terdata dalam database system Kemenkes RI sebagai pasien Covid-19 di DKI Jakarta. Melalui WA kemenkes diberikan link aplikasi agar dapat terhubung dengan dokter secara online. Fasilitas Isoman gratis ini meliputi konsultasi dokter dan Pengobatan dari Kemenkes RI

Untuk mendapatkan fasilitas ini, langkah pertama adalah cek status NIK kita, apakah sudah terdata sebagai Pasien Covid-19 melalui WA Kemenkes atau cek langsung di https://isoman.kemkes.go.id. Lalu pilih layanan konsultasi telemedisin dari HP dan masukkan kode voucher dalam layanan. Saya memilih dan mengaktifkan salah satu layanan yang tersedia yaitu aplikasi alodokter.

Setelah mengaktifkan aplikasi alodokter dengan cara menginstalnya di WA, saya bisa bisa chat dengan dokter yang ada dan menjelaskan gejala yang dialami. Saat itu saya terhubung dengan Dr. Agustina Resti. Dokter menanyakan kondisi yang saya rasakan dan menyarankan beberapa hal. Setelah selesai konsultasi, saya diberi resep digital dalam bentuk pdf. Penebusan resep dilakukan di website https://isoman.kemkes.go.id/tebusresep. Lalu simpan tracking ID untuk cek status pengiriman obat yang dikirim dari apotik Kimia Farma terdekat dari rumah kita.

Paket obat yang diresepkan dokter untuk saya adalah antibiotik, antivirus, multivitamin dan vitamin D 5000 iu. Dokter juga menyarankan agar saat saya minum obat dibuat berjarak waktunya, untuk menghindari kemungkinan adanya alergi obat-obatan.

Pengiriman obat dan vitamin diantar oleh kurir ke rumah. Setelah di cek ternyata saya hanya mendapat Vitamin C saja dan obat antivirus serta antibiotik. Nampaknya Vitamin D lagi kosong di apotik. Akhirnya saya berinisiatif membeli obat-obatan lain yang diperlukan melalui online shop karena memang tidak diperbolehkan untuk keluar rumah.

Sejak pandemi, sebenarnya saya dan anggota keluarga lainnya sudah rutin mengkonsumsi multivitamin dan suplemen penambah imun. Tetapi dengan terpaparnya kami sekeluarga nampaknya vitamin D yang biasa dikonsumsi 1000 iu harus ditingkatkan dosisnya menjadi 5000 iu. Begitu juga kegiatan berjemur matahari di pagi hari harus lebih intens lagi.

Selain minum obat dokter, saya juga mengonsumsi obat-obatan herbal yang dikirim saudara dan teman. Ada Qust Hindi, Habbats dan Madu AsSalamah. Juga ada Minyak Zaitun AlArd serta sari kurma. Juga ada kiriman daun Sungkai dari Tiku, atas kebaikan hati sahabatku Ibu Sunarti Aisyah. Berbagai makanan dan buah-buahan berdatangan ke rumah. Kami merasa terharu, karena setiap hari ada saja yang mengirimkan makanan matang atau bahan makanan mentah termasuk susu, telur dan roti. Si Mas Gofood, Gosend dan si Abang Kurir bergantian memanggil dari balik pagar sambil berteriak… paket…paket…paket.

Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan Layanan Isoman Gratis Kemenkes RI:

1. Berlaku untuk pasien yang terdaftar di database Pasien Covid-19 di Kemenkes RI

2. Konsultasi dokter melalui layanan telemedisin gratis

3. Obat yang diberikan sesuai paket A atau b diberikan secara gratis

4. Pengiriman dan ongkos kirim menggunakan SiCepat dari Apotik Kimia Farma ke rumah gratis

Salam Sehat…

Sampai di sini dulu yaa…

To be continued

Catt : Tulisan ini adalah bagian ke-4 dari Kisah Bu Guru Penyintas Covid

====================

Baitii Jannatii

13/08/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya

15 Aug
Balas

Mksh Bu Febby... Salam sukses slalu

15 Aug

Semoga selalu sehat bunda dan keluarga

15 Aug
Balas

Terima kasih Bu Muliyani... Salam sehat slalu

15 Aug



search

New Post