Rifni Hayati

Seorang guru Biologi yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SMAN 29 Jakarta sejak Agustus 2021. Aktif di Komunitas Kepala Sekolah SMA sebagai Ketua Wilayah MK...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jaringan Ngedrop

Jaringan Ngedrop

Oleh : Rifni Hayati

Jam menunjukkan pukul 08.45, saya menyalakan laptop dan langsung join dengan link yang telah dikirim panitia Webinar. Pagi ini ada webinar tentang Vaksin dan Vaksinasi yang diselenggarakn Departemen Biologi FMIPA UI untuk guru-guru Biologi. Saya sangat antusias menyambut webinar ini mengingat banyak sekali pertanyaan yang berkecamuk di kepala tentang vaksin virus Corona yang sedang disiapkan pemerintah. Simpang siur dampak vaksinasi akibat vaksin yang belum selesai diujicobakan berseliweran di medsos. Sebagai seorang guru/pendidik Biologi, saya harus mengetahui tentang vaksin dan vaksinasi secara benar dari ahlinya. Bukan menelan mentah-mentah semua info dan video yang beredar di medsos.

Satu persatu peserta telah memasuki ruang zoom meeting. Menjelang jam 09.00, panitia menayangkan video tentang tentang Virus Corona yang sedang mewabah. Bagus juga materi yang disajikan sebagai pengantar untuk memahami tentang pembuatan vaksin yang memang berasal dari virus yang telah dilemahkan. Tepat jam 09.00 WIB, Ibu ratna Yuniati salah satu dosen Biologi, membuka acara dan mempersilakan Bapak Dr. rer,nat Yasman, MSc sebagai Ketua Departemen Biologi UI memberikan sambutan. Akan tetapi saya tidak bisa mendengar dengan jelas sambutannya karena suaranya terputus-putus. Beliau mengakhiri sambutan tanpa saya sempat mendengar dengar jelas apa yang telah disampaikan.

Selanjutnya pembawa acara Bu Ratna mempersilakan Bapak Drs. Iman Santoso, M.Phil sebagai narasumber pertama untuk mempresentasikan materi beliau tentang Pengantar Vaksin dan Vaksinasi. Saya tetap tidak bisa mendengar suara Pak iman dengan jernih, malah sempat terhenti sama sekali. Saya panik karena tidak bisa menyaksikan tayangan slide beliau dan tak ada suara terdengar sama sekali.

Mungkin jaringan wifi di rumah bermasalah, pikir saya. Lalu saya mengganti jaringan dengan menggunakan kuota internet di Hp dengan melakukan teatring ke laptop. Ternyata sama saja. Suara Pak Iman tetap terdengar putus-putus dan gambar hang. Saya buka chat zoom, ternyata banyak peserta juga mengeluhkan hal yang sama. Karena merasa tak sendirian saya agak tenang, ternyata masalahnya bukan di jaringan wifi di rumah. Mungkin masalah dari jaringan host panitia.

Lama kelamaan saya gak sabar dan berusaha mencari link Yuotube Biologi UI. Alhamdulillah terdengar suara dengan jelas, tetapi gambar pada slide terlihat kabur. Lalu saya buka kembali jendela zoom, ternyata cukup jelas slidenya Pak Iman. Akhirnya saya buka dua jendela agar bisa mendengarkan suara dan melihat gambar slide perentasinya bersamaan.

Giliran narsum kedua dan ketiga, jaringan internet makin ngedrop. Saya malah terlempar keluar zoom meet. Tak kehilangan akal, saya masuk kembali, tetapi tetap tayangan tidak bergerak. Kembali ke Youtube pun sama saja. Akhirnya saya hanya bisa membaca chatt teman-teman di zoom dan di grup WA peserta. Ternyata hampir semua peserta mengalami masalah dalam jaringan internet, begitu juga dengan panitia.

Saya hanya bisa pasrah dan ikhlas. Memang sudah resiko jika menggunakan jaringan internet, karena sewaktu-waktu jaringan bisa ngadat, error, hang atau apaun namanya yang membuat semangat yang tadinya berkobar menjadi padam. Semoga besok jaringan kembali bersahabat, karena besok pagi ada kelas PJJ dengan siswaku kelas XII.

====================

Baitii Jannatii

26/01/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga lancar, aamiin ya robbal aalamiin

26 Jan
Balas

Mantap salam LiterasiSemoga jaringan ini jadi perhatian pertama pemerintah hendaknya. Apalagi untuk kita di desa-desa.

27 Jan
Balas

Belum rezeki tambah ilmu hari ini ya bu. Sukses n sehat selalu. Barokallah

04 Mar
Balas

Semangat buunn

31 Jan
Balas

Keren acaranya bu, sayang isinya gak tertangkap gara gara jaringan

15 Feb
Balas

Semoga lancar PJJ dari rumah Bu Rifni Hayati. Resiko webinar/PJJ daring...kendala jaringan di lokasi Host dan Peserta. Perlu banyak belajar menyiasatinya. Misalnya off kamera, kurangi jumlah "tab" yang dibuka, atau leave sesaat dari Zoom lalu join kembali. Atau penyelenggara menyiapkan aplikasi alternatif untuk vicon. Salam sukses dan selalu sehat. Tetap semangat.

18 Mar
Balas



search

New Post