Rifni Hayati

Seorang guru Biologi yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SMAN 29 Jakarta sejak Agustus 2021. Aktif di Komunitas Kepala Sekolah SMA sebagai Ketua Wilayah MK...

Selengkapnya
Navigasi Web
Upacara Hari Lahir Pancasila

Upacara Hari Lahir Pancasila

Oleh: Rifni Hayati

Tanggal 1 Juni 2023 yang jatuh di hari Kamis, diperingati sebagai Hari lahir Pancasila. Pengumuman dari wakil Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta dengan surat Edaran No. e-0005 Tahun 2023 tentang Penyesuaian Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memperkuat pentingnya pelaksanaan upacara di setiap Satuan Pendidikan.

SMA Negeri 29 Jakarta melaksanakan Upacara sesuai instruksi Disdik. Pukul 06.30 WIB, peserta Upacara yang terdiri dari bapak Ibu guru dan Tendik serta mulai menyiapkan barisan sesuai formasi upacara. Paskibra dan petugas Upacara lainnya telah menempati posisi sesuai tugas masing-masing. Siswa peserta upacara terdiri dari Kelas X dan XI, Siswa kelas XII telah lulus dan tidak ikut upacara lagi. Bapak Ibu Guru dan Tendik sibuk mengambil foto TimeStamp Upacara di Lapangan untuk dikumpulkan sebagai pengganti absensi keikutsertaan pada Upacara hari ini. Secara berjenjang, Kasubag TU akan melaporkan kehadiran ke Kantor Suku Dinas dan Dinas Pendidikan.

Yang agak berbeda di hari ini adalah pakaian peserta upacara. Bapak Ibu guru dan Tendik menggunakan baju Kebaya Encim khas Betawi, dan Bapak – bapak mengenakan baju koko sadariah lengkap dengan chukin bermotif ondel-ondel Betawi. Siswa mengenakan seragam hari Jumat, yaitu kebaya encim putih dan rok abu-abu bagi pelajar putri dan baju koko sadariah bagi yang putra.

Dalam amanat pembina upacara yang saya sadur dari pidato Mentri Kemendikbudristek diingatkan Kembali kepada peserta upacara bahwa Pancasila sebagai dasar negara harus kita jaga di tengah dinamika dan aktivitas berbangsa dan bernegara. Kemendikbudristek juga telah Menyusun dimensi Pofil Pelajar Pancasila yang sekarang ini menjadi Visi Pendidikan Indonesia. Pelajar Indonesia memiliki keutuhan 6 dimensi yang membentuk profil tersebut, 6 dimensi ini adalah: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2) Mandiri, 3) Bergotong-royong, 4) Berkebinekaan global, 5) Bernalar kritis, dan 6) Kreatif

Sejalan dengan peringatan ini, SMAN 29 Jakarta juga telah melaksanakan Sosialisasi dan Deklarasi Sekolah Laboratorium Pancasila. Tim Satgas SLP SMAN 29 telah dibentuk dan semua berkomitmen akan melaksanakan program SLP sampai bulan November 2023.

Baitii Jannatii

1 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ibunda

02 Jun
Balas

Keren ibunda

02 Jun
Balas

Keren Bund ulasannya. Salam Pancasila

02 Jun
Balas

Keren Bund ulasannya. Salam Pancasila

02 Jun
Balas

selamat memperingati hari lahir Pancasila ibu, salam Pancasila

01 Jun
Balas

Salam Pancasila... Terima kasih Pak Akhmadi, sdh mampir ke sini

02 Jun

Mantap ulasannya

02 Jun
Balas



search

New Post