Riful Hamidah

Sangat mencintai profesi sebagai guru dan termotivasi menjadi Guru Penulis. Saya yakin, guru penulis akan memiliki kesempatan yang lebih banyak menjadi m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Proses Pelaksanaan Pendampingan Ke-1 oleh Pengajar Praktik

Proses Pelaksanaan Pendampingan Ke-1 oleh Pengajar Praktik

Salah satu tugas Pengajar Praktik dalam Program guru Penggerak adalah melakukan pendampingan kepada Calon Guru Penggerak. Untuk pendampingan yang pertama dilakukan setelah CGP mengikuti pembelajaran daring satu bulan dengan materi modul 1.1 Filosofi Ki Hdajar Dewantara dan Modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Hal yang harus diperhatikan oleh pengajar praktik ketika melaksanakan pendampingan adalah mengikuti modul panduan pendampingan atau skenario pendampingan yang tersedia di LMS Pengajar Praktik. Dalam panduan tersebut sudah sangat jelas bagaimana tahapan-tahapan pendampingan harus dilaksanakan dan juga materi-nya. Pengajar Praktik tinggal mengikuti alurnya karena sangat mudah dipahami dan diterapkan.

Pertama yang dilakukan oleh Pengajar Praktik pada saat berkunjung ke sekolah CGP, yaitu menemui Kepala Sekolah untuk meminta izin dan menjelaskan maksud serta tujuan kedatangannya. Dokumen yang diserahkan kepada Kepala Sekolah adalah Surat Perintah Tugas, Daftar Hadir dan SPPD untuk dimintakan tanda tangan.

Setelah mendapat izin dari Kepala Sekolah, Pengajar Praktis segera melaksanakan proses pendampingan dengan CGP. Adapun tahapan pendampingannya sebagai berikut.

1. Kegiatan pendahuluan

Di dalam panduan, kegiatan pendahuluan berlangsung sekitar 20 menit. Pada kegiatan pendahuluan ini PP menyapa dan mengabarkan CGP dengan ramah agar menimbulkan kesan yang positif dan memberi rasa nyaman pada CGP. Kemudian menjelaskan fokus atau tujuan pendampingan yaitu berdiskusi tentang refleksi modul 1.1 dan modul 1.2, peta posisi diri, rencana pengembangan diri dan portofolio digital. Setelah itu menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan apa yang telah dilakukan sebagai capaian selama satu bulan tersebut. Kemudian menanyakan bagaimana dukungan yang diberikan oleh sekolah pada saat pembelajaran daring tersebut. Berikan apresiasi terhadap capaian-capaian yang dilakukan oleh CGP.

2. Kegiatan Inti

Kegiatan inti berlangsung kurang lebih 150 menit. Pada kegiatan ini Pengajar Praktik banyak bertanya dan menggali informasi terkait dengan fokus pendampingan. Ada empat pembagian pertanyaan yaitu pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan tindak lanjut lokakarya orientasi, tindak lanjut hasil pembejalaran daring, pembuatan portofolio digital, dan peta posisi diri serta rencana pengembangan diri CGP.

Berikut ini contoh pertanyaan-pertanyaan panduan yang dapat digunakan sebagai acuan oleh Pengajar Praktik.

a. Menanyakan hal yang terkait dengan tindak lanjut hasil lokakarya Orientasi dengan menyampaikan pertanyaan berikut.

1) Apa kekhawatiran yang sebelumnya diresahkan dan terjadi, atau belum/tidak terjadi

2) Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan terakhir dan adakah harapan baru untuk pembelajaran 1 bulan ke depan

3) Bagaimana dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah dan rekan guru selama CGP melakukan pembelajaran daring

b. Menanyakan hal-hal yang terkait dengan Tindak lanjut hasil pembelajaran dengan melontarkan pertanyaan berikut.

1) Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan yang sudah dipelajari, apa perubahan yang dilakukan di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar?

2) Apa saja pembelajaran yang di dapatkan dari modul Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang mendorong Anda melakukan perubahan tersebut?

3) Bagaimana respon peserta didik atas perubahan yang dilakukan dan bagaimana Anda melihat respon tersebut?

4) Apa hal yang sudah baik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya?

5) Apakah perubahan konkret yang telah dilakukan dalam kelas, sudah dituangkan dalam jurnal refleksi mingguan?

c. Menanyakan hal-hal yang terkait dengan Pembuatan kerangka portofolio dengan melontarkan pertanyaan berikut ini.

1) Media/Platform apa yang akan Ibu gunakan untuk membuat portofolio digital?

2) Komponen apa saja yang akan dituangkan ke dalam portofolio digital

3) Seperti apa bentuk penyajian portofolio digital yang akan Ibu buat?

d. Menanyakan hal-hal yang terkait dengan Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak dengan melontarkan pertanyaan sebagai berikut.

1) Kompetensi apa yang sudah baik? Jelaskan alasannya

2) Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan? Jelaskan alasannya

3) Setelah Anda mengetahui umpan balik tersebut, apakah ada perubahan rencana Anda? Apa saja yang berubah?

4) Bagaimana rencana pengembangan diri yang sudah Anda buat?

3. Bagian akhir pendampingan

Waktu yang ditentukan untuk akhir pendampingan adalah sekitar 10 menit. Pengajar Praktik menanyakan hal-hal berikut ini.

1) Apa pembelajaran atau ide baru yang Ibu dapatkan setelah sesi pendampingan ini?

2) Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping/pengajar praktik di pendampingan berikutnya.

3) berfoto bersama

Selama proses pendampingan, Pengajar Praktik hendaknya memposisikan dirinya sebagai coach dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1) Menggali informasi sebanyak-banyaknya tanpa bermaksud menggurui tapi bagaimana caranya agar CGP bisa menemukan ide/gagasannya sendiri.

2) Menjadi pendengar yang baik selama CGP menjelaskan

3) memberi apresiasi dan penguatan terhadap hal-hal positif yang dilakukan CGP

4) Bersikap ramah, sopan, bersahabat, komunikatif, empati, dan rendah hati

5) Berpikiran terbuka terhadap pendapat/ide/gagasan dari CGP

6) memberi apresiasi dan penguatan terhadap hal-hal positif yang dilakukan CGP

7) memotivasi untuk hal-hal yang masih kurang sehingga CGP selalu bersemangat.

8) refleksi

Demikian, semoga bermanfaat. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

25 Nov
Balas

Terima kasih. Salam

28 Nov

Mantap ulasannya keren

02 Dec
Balas

Mantap ulasannya Bunda.

26 Nov
Balas

Terima kasih. Salam Ibu Rina

28 Nov

Semoga selalu sehat dan bahagia

28 Nov
Balas

Doa yang sama untuk Bu Fifit

28 Nov

Mantap ulasannya. Sukses selalu Bu guru.

28 Nov
Balas

Terima kasih. Sukses juga buat Bapak yaa.

28 Nov

Ulasan yang sarat makna Bund hebat. Sehat dan sukses selalu

26 Nov
Balas

Terima kasih Ibu Seir.. Semoga sehat dan sukses selalu..

28 Nov

Mantap ulasannya.

30 Nov
Balas



search

New Post