Rilda Gumala

Rilda Gumala namaku, dilahirkan di Padang beberapa puluh tahun yang lalu. Menempuh pendidikan terakhir di Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, Jurusan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Antara Betara dan Pinang Balirik

Antara Betara dan Pinang Balirik

Menanam pinang di pinggir lapangan sekolah? Why not? Lapangan SMK PP Negeri Padang, biasanya multifungsi ; untuk lapangan upacara dan lapangan olah raga. Bahkan bisa juga buat acara outdoor lainnya. Ada apa ya dengan Betara?

Betara adalah jenis pinang unggul asal Provinsi Jambi. Seperti diketahui Jambi dan Aceh adalah 2 Provinsi penghasil pinang terbesar di Indonesia.Ternyata pinang Betara ini jumlah buahnya sangat bsnyak 127 - 137 buah per pohon. Wuih lebatnya. Pinang unggul lainnya belum ada yang mencapai sebanyak itu. Varietas unggul Muara Sabak hanya menghasilkan 47 - 73 butir per pohon.

Ditengah turunnya harga sawit sementaea harga pinang cukup stabil dikisaran Rp.15 000-Rp 17.000 per kg , sedangkan yang masih basah Rp. 8000 - Rp.9000 per kg menjadi udara segar bagi petani sawit sekaligus petani pinang. Oleh karena itu perhatian terhadap pinang sudah mulai meningkat.

Mau mencoba peruntungan di bisnis pinang? Mengapa tidak! Oleh karena Pinang baru menghasilkan umur minimal 5 tahun maka pinang ditanam dengan sistem tumpang sari dengan tansman lain yang sesuai seperti kacang- kacangan, jagung, dan lainnya sehingga tetap berproduksi sebelum memanen pinang.

Budidaya pinang Betara sebenarnya sama dengan pinang jenis lainnya, tidak butuh banyak air, tidak butuh banyak pupuk, hanya butuh perhatian kita untuk memeliharanya dengan baik misalnya kalau banyak ditumbuhi rerumputan atau alang-alang maka lakukanlah penyiangan.

Prospeknya bagus dan mudah pula dalam pemeliharaannys. Jadi, mengapa mesti ada lahan kosong di sekitar tempat tinggal kita?Padahal pinang Betara siap untuk dipinang.

Kembali ke pertanyaan awal kenapa mesti menanam pinang di pinggir lapangan? Hal ini tentu ada maksud dan tujuannya. Menurut Mr.Joe Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarans mengatakan agar kelihatan lebih rapi dan indah. Benar juga sih, Tanaman pinang yang ditanam berbaris atau berderet terlihat sangat denganrapu, teratur dan indah. Di Padang Sumatera Barat sistim penanaman pinang ini dikenal dengan istilah "Pinang Balirik." Filosofisnya adalah dengan keteraturan , kerapian Pinang Balirik diharapkan menginspirasi kita semua tentang keteraturan dan kedisiplinan yang sudah mahal di negeri ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren bin inspiratif. Semoga makin sukses

25 Jun
Balas

Amiin, terimakasih pak..salam kenal

25 Jun



search

New Post