Rilda Gumala

Rilda Gumala namaku, dilahirkan di Padang beberapa puluh tahun yang lalu. Menempuh pendidikan terakhir di Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, Jurusan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bacalah

Bacalah

Literasi dasar yang semestinya kita kuasai ada enam yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya dan kewarganegaraan. Jadi bukan cuma literasi baca tulis ya dan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat untuk menguasai nya.

Mengapa literasi ini menjadi begitu penting untuk dilaksanakan?

Hal ini karena bangsa yang maju tidak dibangun hanya dengan mengandalkan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Bangsa yang besar ditandai dengan masyarakat nya yang literat yang memiliki peradaban tinggi dan aktif memajukan masyarakat dunia seperti yang dinyatakan Mendikbud tahun 2017.

Apakah kita sudah menjadi masyarakat yang literat? Berdasarkan survey UNESCO ( United Nation Educational Scientific Cultural Oranisation) sebuah lembaga Pendidikan dan Kebudayaan di bawah naungan PBB tahun 2016, Indonesia berada pada urutan ke 60 dari 61 negara yang diteliti dalam hal minat baca. Miris..tapi itulah kenyataannya. Nah itu baru satu literasi lho..

Oleh karena itu Pemerintah mencanangkang Gerakan Literasi Nasional dalam berbagai bentuk seperti Gerakan Literasi Sekolah. Alhamdulillah, berdasarkan hasil survey World Culture Index Score tahun 2018 sudah terjadi peningkatan minat baca masyarakat Indonesia yang cukup signifikan yaitu menempati urutan ke 17 dari 30 negara yang disurvey.

Untuk menjadi bangsa yang literat itu perlu dukungan semua elemen masyarakat. Mari bersama kita wujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang literat dengan mempelajari dan mengaplikasikan enam literasi dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Igra' artinya bacalah seperti ayat Al Qur'an yang pertama diterima Nabi Muhammad S.A.W maka Bacalah!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul buk, salam literasi

17 Jul
Balas

Terimakasih ibu,salam kenal

17 Jul

Literasi yang lengkap itu akan dikuasai secara bertahap lewat pengajaran langsung maupun tidak langsung. Dan keluargalah yang menjadi fondasi utama pendidikan literasi bagi seorang anak.

17 Jul
Balas

Iya pak, terima kasih..salam kenal

17 Jul



search

New Post