Rilda Gumala

Rilda Gumala namaku, dilahirkan di Padang beberapa puluh tahun yang lalu. Menempuh pendidikan terakhir di Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, Jurusan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memaknai Sebuah Refleksi

Masih dalam rangkaian workshop Persiapan PBM di era new normal. Hari ini 15 Juli 2020 Guru-guru SMK PP Negeri Padang mendapatkan motivasi, arahan atau apapun istilahnya dari Bapak Derismen , Widyaiswara Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera. Mungkin karena narasumber Pak Derismen ini dulunya seorang Guru Vokasi makanya beliau paham betul bagaimana " indahnya menjadi Guru di sekolah kejuruan." Kita dibuat seperti memegang cermin ketika Pak Derismen menyampaikan tentang bagaimana menjadi Guru hebat dengan pembelajaran berkualitas di SMK.

Berangkat dari UU no 14 tahun 2005 bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama, mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi kita diantarkan untuk mereview kegiatan kita sebagai Guru. Mengapa? Karena desungguhnya tidak ada peserta didik yang tidak mampu belajar tapi kita , para Guru yang belum menemukan cara mengajarkannya.

Menyimak apa yang disampaikan Narasumber seperti menyingkap tabir diri sendiri untuk berefleksi,apakah kita sudah melaksanakan tugas mulia itu dengan sesungguhnya. Banyak yang dapat kita lakukan sebagai seorang Guru karena berdasarkan hasil penelitian keberhasilan peserta didik ditentukan oleh orang tua 7%, teman7%, sekolah 7%, guru 30% dan 49 % oleh dirinya sendiri. Jadi peran Guru menjadi sangat penting.

Nah, berikut tips yang diberikan Pak Derismen untuk nenjadi Guru hebat dan berkualitas.

1. Tau Sia Nan di Aja (Mengenal Karakter Peserta Didik

2.Tau Apo Nan Ja Di Aja ( Paham dan dan mampu mengajarkan materi sesuai KD)

3. Tau Manga Itu Diaja ( Paham mengapa materi itu mesti diajarkan, artinya ada manfaatnya bagi peserta didik)

4. Tau Caro Maajakan ( Paham dan Mampu mengaplikasikan berbagai metode dan strategi pembelajaran)

5. Tau Caro Manilai ( Mampu melakukan penilaian)

Pak Derismen juga menyampaikan tentang Ketrampilan Guru Abad 21 dan Higher Order Skilld (HOTS) yang sebenarnya tidak serumit istilahnya.Dengan menerapkan 5W +1H kita sudah mengajak anak untuk berfikir kritis berbasis Hots tersebut.

Setengah hari ini kita para Guru suka tidak suka dan memang harus suka untuk terus bercermin diri. Memaknai Arti kata refleksi. Semoga materi tadi membawa perubahan yang lebih baik untuk SMK PP Negeri Padang.

Terimakasih Pak Derismen.Barakallah.

"Utak santiang, Taratik elok, Kapandaian Ado, Rajin ka surau"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak, salam literasi

15 Jul
Balas

Terimakasih ibu..salam

15 Jul



search

New Post