Rilda Gumala

Rilda Gumala namaku, dilahirkan di Padang beberapa puluh tahun yang lalu. Menempuh pendidikan terakhir di Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, Jurusan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tentang Si Cabe Setan

Tentang Si Cabe Setan

Cabe setan begitu cabe yang satu ini disebut. Mungkin karena rasanya yang sangat pedas- katanya sih saat ini cabe setan yang terpedas di dunia. Namun kalau masalah tingkat pedas itu menyangkut perasaan masing-masing orang. Ada juga yang beranggapan cabe setan ini masih belum pedas. Waduh! Namun kebanyakan orang menganggap cabe ini memang terpedas alias pedasnya pol!

Setelah diusut ternyata cabe ini berasal dari timur laut India dan Bangladesh. di negeri asalnya cabe ini dikenal dengan nama bhut jolokia= cabe setan. Nah, mungkin karena itu ya di Indonesia juga dikenal sebagai cabe setan.

Cabe setan ini termasuk kelompok cabe rawit (Capsicum frustecen L) buahnya yg lebat dan bentuknya pun unik, ada yg gemuk pendek dan ada juga yang langsing agak panjang. Apalagi cabe ini termasuk tahan banting artinya tingkat adaptasi nya lebih tinggi pada berbagai kondisi tanah dan iklim. Jadi cabe setan nggak semanja cabe besar yang selalu minta perhatian lebih si penanamnya.

Ingin mencoba menanam cabe setan? Dijamin tidak sulit. Pertama siapkan media tanamnya terlebih dahulu yaitu tanah dicampur pupuk kandang perbandingan 1:1, masukkan ke dalam polibag atau pot atau ember bekas yang sudah bocor dsb. Setelah itu siapkan bibitnya. Bibit bisa dibeli, bibit yang sudah siap tanam atau masih berupa biji. Jika berupa biji maka biji cabe tersebut harus disemaikan dulu dengan media semai tanah,pupuk kandang,pasir juga dengan perbandingan 1:1:1. Caranya, rendam benih/ biji cabe , pilih yang tenggelam lalu semaikan di atas media semai tadi. Tutup dengan tanah tipis, letakkan di tempat yang teduh. Jangan lupa disiram ya. Nah, setelah tunbuh setinggi sekitar 15 cm, bibit cabe dapat dipindahkan ke dalam polibag atau di lahan yang sudah dipersiapkan.

Perawatannya juga tidak sulit, lakukan penyiangan jika ditumbuhi tanaman pengganggu/ gulma, pemupukan dianjurkan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos serta penyiraman. Tanaman cabe setan ini cukup tahan terhadap serangan Hama dan penyakit. Nah, jika telah dipupuk artinya diberi makan cukup dan diberi minum cukup serta dijaga dari gangguan gulma , Insya Allah panennya banyak. Saya sudah mencoba lho di depan rumah. Alhamdulillah,sangat membantu di masa pandemi Covid-19. Ketika memasak telur dadar saya berikan irisan cabe rawit setan...hmm kata anak-anak," uenaakkk, mama.." Wah, bahagianya...Banyak olahan makanan yang dapat kita buat dengan menggunakan cabe setan ini.

Oleh karena itu jangan dibuang ya Bu ibu...ember pecah, bekas kemasan minyak goreng 2 liter, itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat menanam cabe rawit setan.

Sebenarnya banyak jenis sayuran yang bisa kita tanam di halaman rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga seperti cabe rawit baik cabe rawit biasa atau cabe rawit setan, cabe besar/ cabe keriting tapi ini agak manja, bawang merah, seledri, terung dan banyak lagi yang lainnya. Ada lagi bumbu dapur yang tahan banting juga seperti jahe, kunyit, lengkuas, sereh yang setelah ditanam tanpa banyak perawatan bisa tumbuh dengan baik juga artinya tidak terlalu intensif merawatnya.

Ayo, teman-teman kita mulai dari rumah kita sendiri!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post