Rima Widayati

Mengajar Itu Belajar Mengajar dapat dikatakan sebagai belajar. Hal ini dapat diasumsikan bahwa dengan terlebih dahulu belajar kita dapat mencapai tujuan pembel...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Tetaplah Semangat

Guru Tetaplah Semangat

Guru Tetaplah Semangat

Oleh : Rima Widayati

Setahun yang lalu sekolahku ramai terdengar suara siswa yang bebas ceria. Mereka belajar tanpa rasa takut atau khawatir tertular penyakit. Para Guru juga merasa aman kala itu. Kegiatan belajar berlangsung seperti biasanya, di dalam kelas dan berkelompok. Kini tak seperti dulu lagi, yang indah dirasa dan dikenang.

Situasi boleh berubah namun semangat tak boleh memudar. Bersatu menghadapi rintangan demi mencapai tujuan mendidik siswa-siswi kita, tuk mencapai harapan mereka. Tanpa bimbingan mereka akan terombang ambing seperti biduk di tengah lautan. Sulit menentukan arah dan tujuan jika tidak punya pegangan atau penunjuk jalan.

Guru di tanganmu pelita itu, yang mampu memberi semangat siswa untuk tetap belajar. Mungkin tak terlihat perubahan itu, tapi terasa di dalam jiwa. Penerangan sebuah pelita dari gurunya yang memenuhi ruang kalbunya. Seberapa banyak diperolehnya tergantung seberapa lebar pintu hatinya yang selalu terbuka karena keingintahuannya.

Menurut tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara melalui semboyan "Ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" Guru dapat memberi teladan atau contoh, memberi dukungan, dan memberi semangat pada siswa dan siswi untuk tetap belajar dalam situasi apapun. Tetaplah memberi semangat, membina, membimbing dan medidik para siswa dengan ikhlas dan sabar, karena jasa gurulah yang dapat memajukan peradaban bangsa.

Bandanaira, 28/1/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

kerennnn, salam sukses selalu

05 Mar
Balas



search

New Post