Rina Gustin Fajarwati

Sejak kecil ia hobi mencoret-coret buku, naluri yang haus akan ilmu pengetahuan membuatnya harus berjuang di toko buku Gramedia selama 3 tahun, hingga akhirnya ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Spirit Is Spiritual

Perubahan itu sudah pasti, setiap orang pasti mengalami perubahan dan ingin berubah menjadi lebih baik. Semangat menjadi tolak ukur seseorang dalam menjalani kehidupan. Ada yang mampu meraihnya namun ada pula yang tak mampu memilikinya. Dalam otak setiap manusia punya sejuta mimpi dan harapan. Tetapi tidak bagi mereka yang lebih banyak berserah diri pada ketetapannya.

Spiritual bagi sebagian orang merupakan bagian pokok dari masalah kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Pada kenyataanya adakalanya kodisi spiritual orang itu berbeda-beda kadang berada di atas dan terkadang pula berada di bawah. Dan tidak banyak dari mereka yang selalu ingin berada di tengah. Lantas apa sih makna spritual itu sendiri?

Spiritual menurut Kamus Bahasa Besar Indonesia (KBBI) adalah berhubungan dengan, bersifat kejiwaan (rohani, batin). Ada juga yang menyebutkan bahwa spiritual adalah kebangkitan atau pencerahan dalam diri untuk mencapai tujuan dan makna dalam hidup. Yang biasa saya sebut semangat (spirit).

Jadi bila kita ingin mencapai sebuah tujuan pastilah yang harus kita bangunkan pertama kali adalah spirit. Sebab dalam melakukan sesuatu tanpa adanya semangat pasti gairah untuk melakukan sesuatu pun akan terhenti. Malas untuk menggunakan akal pikir dan tidak ada ruh yang menggerakan dalam dirinya, tidak mungkin akan terwujud sebuah impian.

Bila seseorang didalam dirinya sudah memiliki spiritual sudah pasti ia memiliki semangat. Hidupnya penuh gairah, ambisi, dan tidak mudah lelah. Namun bila seseorang justru memiliki spiritual yang tinggi dia akan kembali pada ketiadaan. Tidak memiliki nafsu, amarah, apalagi ambisi dalam hidupnya. Mereka lebih banyak berserah pada ketiadaan sebab mereka telah menyatu dengan tuhannya.

Bangunkan jiwa mu sebagaimana ruh mu menggerakan, rendahkan akal mu bila engkau tak sanggup menderita, berserah dirilah sebagaimana engkau ditakdirkan.

Rahayu..

Rooms, 2/12/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post