[email protected]

Mengawali Langkah Berawal Dari Belajar Menulis dengan dasar Bismillah **** Nama : Rinaldi Gunawan, S.Pd Bekerja Sebagai Guru ASN di SDN 19 Cubadak Air ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEBERSAMAAN DAN KEBAHAGIAAN

KEBERSAMAAN DAN KEBAHAGIAAN

KEBERSAMAAN DAN KEBAHAGIAAN

" Basamo Mangko Kajadi "

Oleh : Rinaldi Gunawan

*****

Kata-kata sederhana namun penuh Makna, KEBERSAMAAN antar sesama patulah kita jaga, bak kata pepatah Minang "Basamo Mangko Kajadi" yang artinya Bersama makanya Jadi, hal tersebut memiliki artian khusus dengan kebersamaan semua akan dapat mudah terwujud.

Dalam artikel ini penulis membayangkan secuil kata - kata dengan berjuta manfaat, salah satu yang terngiang dalam pikiran, seandainya Indonesia yang sekarang dilanda krisis dapat diatasi dengan kebersamaan, hal tersebut amatlah indah terhadap perubahan NKRI ini.

Karena sejarah dari krisis nya negara tetangga kita yaitu Malaysia, menyiasati krisis moneter yang melanda negara pada tahun 1998 dengan kebersamaan yang diumumkan oleh perdana menteri pada saat itu Bapak Mahatir Mohammad, Beliau membuat sebuah gagasan yaitu membuat rekening Nasional untuk membebaskan negara nya dari krisis yang melanda.

Ide pemikiran beliau disambut positif oleh Masyarakatnya, dengan jumlah penduduk yang terbatas, beliau berhasil menciptakan kebersamaan dalam menuntaskan Krisis moneter. Dengan sebuah prinsip "satu negaraku satu Malaysia" . Moto tersebutlah yang membuat negara Malaysia menjadi negara yang tetap terus maju hingga sekarang.

Sangat banyak moto yang bisa kita ambil dari sepercik kata kebersamaan yang telah dijalankan oleh negara tetangga kita, kadang kita patut iri, karena sejarah terdahulu negara Malaysia mengundang guru-guru Indonesia untuk membangun intelektual negaranya, namun fakta yang kita lihat, sekarang kita tertinggal oleh mereka.

Penulis beropini, apabila kata-kata kecil tersebut dipraktekkan untuk menuju perubahan, maka alangkah baiknya hasil akhir yang terwujud, untuk menyelesaikan permasalah kecil tetap berlandaskan kebersamaan, apalagi persoalan besar, kita tidak bisa mengabaikan kata kata tersebut, apalagi bak kata pepatah"Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing" seyogyanya sedikit kata penuh makna yang berujung sebuah kata KEBAHAGIAAN.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

03 Apr
Balas

Mantap ulasan dan riwayat kegiatan. Salam kenal kembali dari Bumi Multatuli Rangkasbitung. Salam literasi

03 Apr
Balas

Izin follow, Pak.

03 Apr
Balas

Hidup akan indah dengan kebersamaan

03 Apr
Balas



search

New Post