[email protected]

Mengawali Langkah Berawal Dari Belajar Menulis dengan dasar Bismillah **** Nama : Rinaldi Gunawan, S.Pd Bekerja Sebagai Guru ASN di SDN 19 Cubadak Air ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pudarnya Makna Kebersamaan dari Gotong Royong

Pudarnya Makna Kebersamaan dari Gotong Royong

Pudarnya Makna Kebersamaan dari Gotong Royong

Oleh : Rinaldi Gunawan

*****

Sebuah kata yang teringat dari sebuah Kebinekaan Tunggal Ika, sebagai landasan dasar Negara Indonesia yang memiliki makna "Walaupun Berbeda-beda namun tetap satu jua". Seuntai kata tersebut tidak lah bisa dipisahkan dengan makna Gotong Royong sebagai pemersatu kekuatan bangsa kita Indonesia.

Sementara kita tinjau lagi diera masa lalu, segala sesuatu selalu dilandaskan dengan gotong royong, kita mengingat perjuangan bangsa kita meraih kemerdekaan, bermodalkan senjata bambu kuning, mampu memporak porandakan kekuatan penjajah yang memiliki akses serba canggih. Namun berkat Keridhoan yang Maha Kuasa, kebersamaan mengusir penjajah pun dapat terwujud dengan hasil kemerdekaan Indonesia.

Dilihat pada masa era sekarang, nilai yang tertuang dari sepenggal kata "Gotong Royong" lambat laun sudah mulai memudar, hal tersebut dapat kita lihat dari muncul nya sebuah kecanggihan era teknologi yang secepat kilat melunturkan makna dari kebersamaan.

Segala sesuatu serba instan, lingkungan yang biasa nya harmonis sekarang mulai tumbuh makna individualisme, dan keegoan dari diri sendiri. Al hasil Kebersamaan dan gotong royong antar sesama mulai meninggalkan makna yang semu.

Bersambung ....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post