Rina Melati,M.Pd

Tulislah apa yang sedang anda fikirkan dan fikirkan apa yang akan anda tulis. RINA MELATI,M.Pd. Pertama menjadi guru tahun 1993 di SD 33 Mapur, SD 15 Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Corona. Efektifkah Menggunakan Sif?
foto koleksi sekolah

Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Corona. Efektifkah Menggunakan Sif?

Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Corona. Efektifkah Menggunakan Sif?

Tantangan Gurusiana hari ke 13

Oleh : RINA MELATI.

Hari ini Senin, 13 Juli 2020 adalah hari pertama sekolah di tahun pelajaran 2020/2021. Semenjak siswa belajar di rumah sejak sekitar pertengahan Maret 2020 sebagai akibat pandemi Covid 19, kehadiran ke sekolah hari ini sangat berbeda. Baik guru maupun siswa hadir ke sekolah tetap harus menjalankan protokoler kesehatan.

Kabupaten Pesisir Selatan termasuk zona hijau dari Covid 19 dan itu merupakan salah satu alasan untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka di tahun pelajaran 2020/20201. Sesuai Surat Edaran Bupati Pesisir Selatan Nomor 420/1608/Disdikbud/2020 tertanggal 10 Juli 2020 serta Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerapan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid 19 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan pelaksanaan pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan diantaranya adalah :

1. Sebelum berangkat ke sekolah siswa dan guru berwudhuk terlebih dahulu.

2. Siswa dan guru datang ke sekolah menggunakan masker dan sampai di sekolah wajib mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan pemeriksaan suhu tubuh yang fasilitasnya sudah disediakan oleh sekolah. Setelah itu baru siswa dan guru boleh melakukan aktifitas pembelajaran.

3. Siswa dan guru membawa bekal makanan ke sekolah dan dilarang jajan di sekolah.

4. Siswa dan guru yang sedang sakit (batuk, pilek, flu, demam, sakit mata, kulit) dilarang hadir ke sekolah sampai ia sembuh.

5. Selama berada di sekolah tetap menjaga social distansing (jaga jarak).

Siswa di dalam kelas diatur dengan SOP yaitu :

a. bagi kelas rendah SD satu lokal hanya boleh diisi 10 orang siswa untuk belajar tatap muka dengan syarat 1 meja 1 orang siswa dan duduk berjarak 1,5m. Jika jumah siswa lebih dari 10 orang dalam satu kelas, maka mereka belajar menggunakan sif. Misalnya hari Selasa siswa yang belajar dengan tatap muka nomor absen 1-10, dan nomor 11-20 guru melakukan pembelajaran Daring atau Luring (mendatangi siswa ke rumahnya). Hari Rabu pembelajaran tatap muka diikuti oleh siswa yang nomor absen 11-20 dan nomor 1-10 belajar Daring atau Luring.

b. Begitu juga bagi kelas tinggi. Siswa dalam satu kelas hanya 14 orang untuk mengikuti pembelajaran tatap muka. Jika jumlah siswa lebih dari 14 orang maka dibagi menjadi dua sif dengan pelaksanaan pembelajaran sama dengan kelas rendah. Misalnya hari Selasa siswa yang belajar tatap muka yang nomor absen 1-14 maka nomor 15-28 pembelajaran melalui Daring atau Luring. Pada hari Rabu yang belajar tatap muka adalah nomor absen 15-28 dan nomor 1-14 belajar Daring atau Luring.

Begitu seterusnya. Siswa belajar tatap muka secara bergantian.

6. Sekolah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan setiap hari sebelum melakukan aktifitas pembelajaran.

7. Warga sekolah yang berasal dari keluarga ODP dilarang hadir ke sekolah.

8. Orang tua harus memastikan siswa dalam kondisi sehat ketika datang ke sekolah dibuktikan dengan surat pernyataan orang tua.

9. Ketika jam pelajaran berakhir siswa langsung pulang ke rumah dan mencuci tangan sebelum melakukan aktifitas di rumah.

Itulah diantara SOP yang harus dipatuhi oleh pihak sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatra Barat pada tahun pelajaran 2020/2021 ini.

Semoga hal ini tidak berlangsung lama. Karena bagaimanpun juga pembelajaran menggunakan sif bukan hanya kurang efektif tapi juga mengganggu mental/psikis guru dan siswa. Semoga Covid 19 segera berlalu dan kehidupan di negara yang kita cintai ini dapat berlangsug normal kembali.

#menulisuntukberkarya

Bayang. Senin, 13 Juli 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ribet mnurut sy jika hrs pakai shift bu.. slm literasi

14 Jul
Balas

Memang sih bu. tapi kita coba sesuai saja dulu. salam kenal bu

14 Jul

Setuju dgn opininya Uni. Semoga duka ini segera berlalu. Salam dari Batang Kapeh.

13 Jul
Balas

Terima kasih pak. yah, semoga saja ya pak. Apa Pak Musdar ini suaminya ibu Mis? Membaca nama bapak saya jadi teringat dengan sahabat saya. Dulu kami sama-sama menulis soal UN. Dan maaf jika saya salah. jika saya benar sampaikan salam saya sama ibu Mis. sudah lama sekali tak jumpa beliau. apa kabarnya Bu Mis sekarang

13 Jul

Daring atau luring sama repotnta ya, Bu. Salam literasi.

15 Jul
Balas

Ya bu. salam kenal.

15 Jul



search

New Post