Rina Nurlaili

Rina Nurlaili, lahir di Tanah Datar tanggal 25 Desember 1987. Saat ini berprofesi sebagai seorang guru. Selain membaca, menulis adalah kesenangan lain y...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 1.2 TENTANG NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 1.2 TENTANG NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Dalam kesempatan ini, saya ingin menuliskan jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak serta refleksi diri mengenai rangkaian kegiatan CGP yang telah saya ikuti.

 

Saya akan membuat jurnal dwi mingguan menggunakan model refleksi 4F (Fakta, Perasaan, Temuan, Masa Depan) yang dirancang oleh Dr. Roger Greenaway untuk merangkum pengalaman saya.

 

Kali ini saya akan menulis mengenai refleksi saya tentang kegiatan pembelajaran Daring yang sudah dilakukan pada Modul 1.2 Tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (1. Fact; 2. Feeling; 3. Findings; dan 4. Future), yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3. Pembelajaran; dan 4. Penerapan).

 

1. Facts (Peristiwa)

Setelah saya mempelajari modul 1.1 tentang pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Kemudian materi berlanjut pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Agenda kegiatan membahas modul 1.2 dimulai pada tanggal 1 April 2024. Pada modul ini saya mulai mempelajari materi dan menggambarkan diri saya dalam bentuk trapesium usia. Trapesium usia ini merupakan gambaran diri saya mulai dari mengawali pendidikan yang saya tempuh di taman kanak kanak hingga pada usia saya yang sekarang sebagai guru. Pada saat membuat trapesium usia saya kembali menggenag peristiwa positif dan negatif yang saya alami di saat menempuh pendidikan, yaitu peristiwa negatif ketika saya mengawali pendidikan dan peristiwa positif ketika saya menamatkan pendidikan jenjang sarjana.

Kemudian pada materi selanjutnya saya mulai mengidentifikasi nilai guru penggerak yang ada pada diri saya, dan bagaimana nilai tersebut dapat saya optimalkan dalam diri saya pada saat melaksanakan pembelajaran.

Selanjutnya pada tanggal 3 April 2024 kami dibagi dalam tiga kelompok untuk membahas tentang nilai dan pean guru penggerak. Pada kesempatan ini saya tergabung di kelompok tiga dengan Bu Dian, Bu Yosi, dan Pak Slamet. Kami mulai membahas materi dalam kelompok kecil tentang nilai dan peran guru penggerak apa yang sudah ada dalam diri kami dan apa yang harus kami kembangkan. Hingga kami memilih kegiatan “Membuat Kesepakatan Kelas” sebagai kegiatan yang paling pas dalam menggambarkan nilai dan peran guru penggerak di kelas.

Kegiatan presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada tanggal 17 April 2024 setelah libur

 

 

2. Feeling (Perasaan)

Selama mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, saya merasa tertarik dengan materi dan kegiatan yang saya ikuti. Dan saya berharap dapat melaksanakan proses pendidikan ini dengan baik dan lancar.

Semakin saya mendalami materi pada modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak mulai menumbuhkan kesadaran dalam diri saya, yaitu saya mulai tergerak dan bersemangat untuk melakukan perubahan pada diri saya. Dan bersemangat untuk menjadi guru yang lebih baik. Saya ingin melakukan perubahan serta menggerakkan rekan sejawat agar bisa bergerak bersama untuk mewujudkan perubahan pebdidikan menjadi lebih baik. Menjadi seorang pendidik yang tergerak, bergerak dan menggerakkan.

 

3. Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya dapatkan dari modul 1.2 adalah pembelajaran tentang sistim kerja otak manusia yang terdiri atas cara berpikir cepat dan cara berpikir lambat. Kemudian materi mengenai lima dasar kebutuhan manusia. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya agar bisa memahami kondisi murid dan lingkungannya sehingga saya bisa menanamkan nilai berpihak pada murid dalam pembelajaran yang saya lakukan di sekolah.

 

4. Future (Penerapan)

Penerapan yang akan saya lakukan yaitu, saya akan menjadi bagian dari perubahan dengan memulai dari diri sendiri untuk terus berbebah dan melakukan perbaikan dalam pembelajaran agar terwujudnya tujuan pendidikan yang selaras dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Sebagai calon guru penggerak saya akan menerapkan pembelajaran yang bepihak pada murid, melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media yang menarik, mandiri melaksanakan pengembangan diri untuk menunjang kompetensi saya sebagai pendidik, melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat, melaksanakan refleksi bersama siswa rekan guru serta kepala sekolah sebagai langkah untuk memperbaiki kekurang dalam proses pembelajaran, serta berkolaborasi dengan rekan sejawat, orang tua dan masyarakat dalam rangka memajukan sekolah.

 

Sekian yang bisa saya sampaikan pada jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

1

12:07
Balas

1

15:18
Balas

1

15:18
Balas



search

New Post