Rina Sofiyani

Nama saya Rina Sofiyani dan biasa dipanggil dengan panggilan Rina. Terlahir sebagai anak pertama dari 3 bersaudara. Bapak dan ibu merupakan warga masyarakat ped...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hari Ini Gerbang Perjalanan Lanjutanmu

Hari yang ditunggu siswa-siswa kelas 6 tiba. Hari ini anak-anak bisa melihat pengumuman online PPDB. Ada yang bahagia. Ada yang biasa saja. Ada juga yang sedikit kecewa.

Yup. Namanya kompetisi. Ada yang menang dan juga kalah. Begitupun dengan sistem PPDB. Ada kompetisi satu sama lain. Kompetisi berlaku untuk semua jalur.

Kita lihat satu persatu. Jalur zonasi. Kompetisi pada jalur ini yaitu berlomba untuk menjadi yang terdekat dengan sekolah tujuan. Semakin dekat tempat tinggal dengan sekolah, makin besar peluang diterima.

Jalur mutasi. Jalur inipun juga terdapat kompetisi. Kuota terbatas membuat calon siswa bersaing untuk masuk dalam kuota tersebut. Jika jumlah calon siswa kurang dari kuota. Semua anak akan aman tertampung dalam jakur tersebut. Akan tetapi, bagaimana kalau calon siswa lebih banyak? Pastilah muncul kompetisi untuk mendapatkan kuota.

Begitu pula dengan 2 jalur yang lain yaitu afirmasi dan prestasi. Terlebih jalur prestasi. Semua anak yang berada dalam jalur ini akan saling bersaing mendapatkan skor lebih tinggi. Semakin tinggi skor piagam akan membuat siswa menjadi lebih unggul dibanding lainnya. Hal ini akan membuat mereka pada posisi aman.

Mengakhiri tulisan hari ini, ucapan selamat saya kirimkan kepada semua siswa yang sudah diterima di sekolah tujuan. Itu merupakan rencana terbaik dari Allah. Singkirkan jauh-jauh pikiran negatif. Be positif untuk memulai semuanya.

Magelang, 8 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus bu artikelnya, salam literasi

08 Jun
Balas

Terimakasih bu sudah singgah

09 Jun



search

New Post