Rina Sofiyani

Nama saya Rina Sofiyani dan biasa dipanggil dengan panggilan Rina. Terlahir sebagai anak pertama dari 3 bersaudara. Bapak dan ibu merupakan warga masyarakat ped...

Selengkapnya
Navigasi Web

Serba-serbi Learning From Home

Lebih kurang dua bulan sudah pandemi corona berdampak pada banyak hal. Salah satunya yaitu pelaksanaan pembelajaran. Semula pembelajaran dapat dilakukan secara langsung. Sekarang semuanya berubah. Pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal ini seirama dengan kebijakan Pemerintah menerapkan Kebijakan Physical Distancing.

Siswa diharapkan tetap belajar dengan berbagai media dan penunjang lingkungan sekitar rumah. Pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Guru kelas atau mapel dapat mengemas pembelajaran online untuk menjaga keberlangsungan aktivitas belajar siswa.

Berbicara tentang pembelajaran online, saat ini tersedia banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran. Sebagai contoh aplikasi Whatshapp yang bisa dimanfaatkan untuk berkirim dan menerima tugas. Zoom yang bisa dimanfaatkan untuk tempat bertemunya guru dan siswa secara online. Aplikasi edit video yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran.

Selama pelaksanaan pembelajaran daring, saya dan rekan-rekan di sekolah paling sering menggunakan aplikasi whatshapp. Kami memanfatkannya untuk menyampaikan tugas harian, menerima bukti penyelesaian dalam bentuk foto, suara ataupun video. Sesekali diselingi dengan kuis online. Pernah juga meminta siswa mengirim tugas melalui email. Hal ini semoga bermanfaat bagi siswa dirumah.

Selain media yang digunakan bervariasi, tugas yang diberikanpun tak kalah variasinya. Mulai dari materi pelajaran, praktek pekerjaan ringan di rumah yang mungkin jarang dilakukan, serta tugas-tugas lain untuk melatih kecakapan hidup siswa. Yang pasti, kondisi ini memaksa para guru untuk memutar otak untuk lebih kreatif lagi agar siswa tetap semangat melaksanakan aktivitas belajar.

Magelang, 12 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post