Rini Marina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lodeh Panggang Kepala Manyung

Lodeh Panggang Kepala Manyung

LODEH PANGGANG KEPALA MANYUNG

Pagi nan cerah, diiringi kicauan burung gereja membuat suasana kian nyaman. Begitu juga dengan suasana lebaran. Sampai pada hari ke lima masih terasa. Rutinitas pagi telah dimulai. Apalagi ibu-ibu ramai menunggu penjual belanja di depan rumah mereka.

Disela-sela obrolannya mereka telah merencanakan masakan buat keluarga tercintanya. Tentu berbagai menu masakan telah dipikirkan. Mereka saling mengutarakan masakan paginya. Ada yang mau masak sayur asem, sop, menir, lodeh, cemeding serta menu lainnya.

Maklum kami tinggal di desa, jadi menu makanan menyesuaikan penjual keliling. Tak ada rencana sebelumnya. Begitu melihat barang dagangan di keranjangnya, ide itu spontan datang. Tinggal ambil sesuai dengan apa yang diinginkannya. Selain mudah, efektif harganya juga sangat terjangkau.

Di sudut keranjang ada sekantong plastik ikan panggang. Tanpa pikir panjang langsung saya ambil. Biar menambah nikmat rasanya, saya comot aja cabe hijau, ale dan daun bawang merah. Membayangkan nikmatnya lidah serasa mengeluarkan air liur.

Setelah semua kebutuhan memasak telah terpenuhi, saya berjalan menuju dapur. Perasaan senang membuat masak lebih cepat. Satu per satu semua bahan saya keluarkan dari kantong plastik.

Jangan lupa bahan-bahan dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak. Cara memasak sayur lodeh panggang kepala manyung, tidaklah rumit. Hanya membutuhkan, 1/2 kelapa parut, ikan panggang, 1 buah terong hijau, ale, daun bawang merah dan 10 biji cabe hijau. Sedangkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan seperti, cabe rawit, tomat, kemiri, ketumbar, merica, bawang putih dan merah, salam, laos, kunyit, garam secukupnya dan gula setengah sendok teh. Siapkan pula bawang goreng.

Setelah bahan dan bumbu telah disiapkan. Kupas terong dan potong sesuai selera. Bersihkan ale dari akarnya. Iris kecil-kecil, cabe hijau, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, daun bawang merah dan tomat. Ambil garam, kunyit, ketumbar, merica, dan kemiri kemudian haluskan.

Langkah berikutnya peras kelapa parut dengan air sesuai selera dan goreng panggang kepala ikan manyung beberapa saat dan tiriskan. Goreng pula bumbu yang telah dihaluskan setelah setengah matang masukkan bumbu yang telah diiris-iris, kecuali potongan daun bawang merah.

Selanjutnya, ambil panci dan taruh di atas kompor kemudian masukkan bumbu yang telah digoreng. Lalu masukkan santan, dan terong yang telah dipotong-potong. Tunggu sampai setengah matang sambil diaduk agar santan tidak pecah. Ambil ikan panggang kepala manyung, lalu masukkan ke dalam panci tetap diaduk sampai mendidih. Masukkan pula daun salam dan laos. Setelah sayur mendidih, jangan lupa memasukkan ale dan irisan daun bawang merah, tunggu selama dua menit. Angkat sayur lodeh panggang kepala manyung dari perapian. Siapkan mangkuk dan tuangkan sayur yang telah masak. Jangan lupa taburi bawang goreng untuk menambah aroma sedap masakkan. Sayur lodeh panggang kepala manyung siap untuk dinikmati.

Ceriakan harimu dengan menyantap menu pagi penuh selera. Semoga pengalaman berbagi pengalaman memasak dapat bermanfaat bagi pembaca terkasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ini menu vaforiteku. Melihat fotinya aja dah mak cleguukk.... Alenya gontang kan? Tambah cleguk.

29 Jun
Balas

Ale kemplang mbak, hehehe

29 Jun

"Sayur lodeh panggang kepala manyung siap untuk dinikmati." Sudah kebayang enaknya bu. Aromanya dah sampai di sini.

29 Jun
Balas

Biar ngiler pak, sengaja nih mameri

29 Jun

Hemmm enaknya...pengin juga nih

29 Jun
Balas

Silahkan dicoba bu resepnya

29 Jun



search

New Post