Rini waraswati

Aku adalah asli Wong Mbatu... yang lahir pada tanggal 31 oktober. Ibu dari 3 anak yang bekerja sebagai guru matematika di MAN Batu Saat ini ingin terus belajar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bermusik tidak ada relevansinya dengan Bakat...

Bermusik tidak ada relevansinya dengan Bakat...

Ada seorang guru musik, yang selalu memberikan penjelasan penting yang terkait dengan bermain musik. 5 hal penting belajar musik yang harus diketahui orang tua, yaitu:

1. Belajar musik paling baik adalah usia muda (5-6 tahun), apabila tidak, anak akan kehilangan momentum. Hal ini karena usia muda kemampuan motorik dan otot tangan anak masih fleksibel dan dapat dibentuk.

2. Jangan sampai anak berhenti belajar musik sebelum grade 5, karena jenjang sebelum grade 5 kemampuan anak belum maksimal, masih sebatas bisa memainkan saja. Belum sampai tingkat memahami harmonisasi musiknya.

3. Jangan kalah bernegosiasi dengan anak sebelum mereka lulus SMA, karena setelah lulus SMA pasti anak sudah bisa menentukan kegiatan apa yang mereka senangi. Dan sulit untuk terus belajar musik secara formal.

4. Abad 21 bisa diprediksi 80% anak dapat bermain musik, untuk itu bekali anak dengan bisa memainkan salah satu alat musik agar tidak tertinggal dengan teman yang lain.

5. Belajar musik tidak ada relevansinya dengan bakat, ini hal paling menarik, yang akan kita kupas.

Banyak orang tua yang bertanya apakah mereka harus mendaftarkan anaknya untuk bermain musik, meskipun mereka merasa anaknya tidak punya bakat musik sama sekali. Cara berfikir mereka salah, karena belajar musik adalah proses pembelajaran informal yang sangat penting, terutama memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri.

Pelajaran sekolah biasanya melatih anak untuk berfikir dengan otak kiri ( matematik, hafalan, dll), dan musik akan menyeimbangkan dengan otak kanannya. Anak dapat menyukai musik tanpa bakat, dan hal ini sudah dibuktikan bahwa dengan latihan yang konsisten dan bimbingan guru yang baik , anak akan dapat memainkan musik dengan baik. sebab menyukai musik dan memberikan apresiasi di musik tidak ada hubungannya dengan bakat. Kalaulah memang anak punya bakat tapi tanpa latihan dan bimbingan, hampir bisa dipastikan anak tersebut tidak akan dapat bermain musik.

Untuk itu bekali anak dengan musik entah itu ada bakat atau tidak, agar di hari esok bisa tetap eksis mengikuti perkembangan jaman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post