Risda Zuraida

Risda Zuraida, wanita berdarah Aceh asli, terlahir sebagai anak sulung dari enam bersaudara di Samalanga, pada bulan November 1975. Melewati masa kecilnya dan m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ide Keroyokan
https://risdazuraida.wordpress.com

Ide Keroyokan

Dua hari yang lalu, aku mengikuti Workshop Promosi Asyik melalui blog dalam rangkaian roadshow seminar dan workshop "Internet Baik" yang diselenggarakan oleh Telkomsel. Ada keseruan dan tantangan yang menjadi pengalaman baru bagiku.

Pada beberapa kelas menulis pernah yang aku ikuti sebelumnya, peserta kelas diminta menuangkan ide dalam beberapa paragraf sehingga menjadi sebuah tulisan. Kemudian diberikan umpan balik sebagai masukan untuk perbaikan.

Di kelas menulis blog kemarin, ada yang berbeda. Tugas menulisnya bukan pribadi tapi berkelompok. Setiap kelompok diminta untuk membuat tulisan kemudian mempublikasikannya di blog. Dari awal mendengarkan tugas ini diberikan, pikiranku sudah melanglang berkelana. Ini adalah tantangan baru, membuat tugas tulisan kelompok dengan waktu yang terbatas.

Aku terpikir, enam orang anggota kelompok kami pasti punya ide, gaya menulis, dan karakter yang berbeda. Wah, akan sangat unik sekali tulisan yang akan jadi nanti.

Benar saja, pada sesi curah ide, kawan-kawan semangat menyampaikan tema yang akan menjadi tulisan kelompok kami. Dengan diskusi singkat kami harus segera memutuskan untuk memilih sebuah tema. Dan aku yang diminta untuk mengeksekusi tema terpilih menjadi tulisan apik. Karena aku satu-satunya di kelompok yang memiliki blog. Sementara yang lain mendapat tugas membuat gambar, mencari referensi, dan memilih latar untuk poto pendukung. Seru sekali.

Beberapa menit sudah lewat, kawan-kawan mulai bergerak. Sementara aku hanya duduk manis memandangi laptop. Aku tidak tahu harus memulainya dari mana. Ternyata tidak semudah yang aku bayangkan diawal. Melihat lagi karakteristik kawan-kawan kelompok, aku merasa karakter tulisanku akan sulit untuk bisa mewakili keunikan mereka, karena kami sangat berwarna.

Kawan-kawan memberiku semangat. Tidak masalah menurut mereka tulisan ini nantinya sesuai berkarakter tulisan ku, yang penting idenya tersampaikan.

Baiklah, bismillah, aku pun mencoba menulis.

Hatiku serasa diaduk-aduk, merasa tertatih dalam menulis. Sangat tidak nyaman, menuliskan ide orang lain sementara aku belum menemukan alurnya dalam waktu yang singkat seperti itu.

Karena biasanya sebelum menulis aku membutuhkan sedikit waktu untuk mengaitkan ide dengan pengalaman atau kisah-kisah untuk mendapatkan insight. Agar tulisan yang kita sajikan mempunyai nilai dan manfaat bagi pembaca.

Tapi inilah hidup, penuh dengan tantangan tak terduga. Walaupun sekedar di kelas belajar menulis.

Menjelang batas waktu yang ditentukan, aku belum merasa nyaman dengan tulisanku. Beberapa kali aku meminta kawan-kawan untuk membaca dan memberi masukan. Aku sangat senang ketika seorang kawan menambahkan materi tulisan, dan aku merasa kini tulisan kami menjadi lebih baik dan bisa keluar dari karakter ku.

Teruntuk kawan-kawan kelompok, aku berterima kasih untuk pengalaman baru yang menyenangkan dan berkesan. Ide-ide yang kalian sampaikan akan menjadi tulisan menarik jika dituliskan.

Dari pengalaman ini, aku merasa, menuliskan ide orang lain itu menjadi tantangan yang menurutku tidak gampang. Rasanya jauh lebih nyaman menuliskan ide sendiri. Lebih mengalir.

Karena menjadi diri sendiri itu lebih asyik dan menyenangkan.

Yang berkenan silahkan berkunjung ke https://risdazuraida.wordpress.com ya, moga kita bisa saling belajar dan berbagi kemanfaatan.

Salam Literasi

Welcome Wonderful Desember

Semangat menjemput keberkahan di Hari Jum'at

❤❤

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

wow keren banget. tulisan yang penuh semangat dan berenergi

01 Dec
Balas

Makasi pak leck.... Tulisan2 pak leck ikut membakar semangat tuk menulis

01 Dec

Kalau begitu, share tulisan paklek ke grup WA atau fesbuk yang ada biar dibaca dan menginspirasi teman yang lain

01 Dec

Siyaaappp insya Allah pak leck...

01 Dec
Balas



search

New Post