Riska Irmawati

"Teruslah belajar, berusaha dan berdo'a jangan pernah putus asa. Selalu bersyukur atas segala nikmatNya." Lulusan S1 Pendidikan Matematika STKIP PG...

Selengkapnya
Navigasi Web
Praktik Salat
Dokpri Rumah Ngaji Nurul Ilmi

Praktik Salat

Praktek Salat

Oleh : Riska D. Irmawati

Hari Jumat, hari yang penuh berkah. Hari yang istimewa bagi umat muslim di dunia. Berbagai aktivitas bisa mendapatkan keberkahan di dalamnya. Seperti mandi jumat, memperbanyak sholawat kepada baginda Rasulullah saw, memperbanyak amal shalih dan kebajikan, membaca surat Al Kahfi, membaca surat Yasiin serta memperbanyak do'a.

Kegiatan di Rumah Ngaji Nurul Ilmi yang saya rintis dengan suami. Setiap hari Jumat selain mengaji, kami juga melakukan kegiatan praktik salat. Dengan kegiatan praktik salat, bagi balita, anak -anak diharapkan akan terbiasa dengan tata cara gerakan salat yang benar, bacaan salat dengan benar.

Sebelum praktik salat, kami berdo'a bersama, mengenalkan bab bersuci seperti wudhu, tayamum maupum mandi besar. Membaca do'a wudhu dan sesudah wudhu. Dilanjutkan salah satu dari mereka mengumandangkan adzan dan mengumandangkan iqomah sebagai tanda salat akan segera dimulai.

Salat berjamaah dimulai dengan salah satu santri yang bagus bacaannya menjadi imam, sedangkan santri yang lain menjadi makmum. Bacaan sengaja dikeraskan untuk mengtahui benar salahnya bacaan. Untuk santri yang kecil bisa mengikuti lafalnya.

Alhamdulillah, dengan melaksanakan praktik salat setiap hari Jumat para santri yang kebanyakan masih duduk di TK sudah hafal beberapa bacaan salat. Tak terkecuali santri yang paling muda diantara mereka. Meskipun sesekali tak menghiraukan gerakan salat karena dia asyik dengan dunianya. Alhamdulillah dia hafal beberapa bacaan salat.

Mengenalkan dan mengajarkan ilmu agama kepada mereka sedari kecil sangatlah penting. Karena ilmu agama merupakan pondasi kita dalam menjalani hidup. Dengan ilmu agama kita akan selamat dunia dan akhirat. Semoga anak-anak kita dijadikan anak -anak yang sholih sholihah. Aamiin..

#salamliterasi

#praktikshalat

#Tagur40H

#Tantangan365Hari

Pasuruan, 16 Oktober 2020

Jum'at, 28 Shofar 1442 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga amal jariah ini tetap terjaga .

16 Oct
Balas

Aamiin yaa robbal alamiin.. Terima kasih apresiasinya bunda.. Sukses buat bunda

17 Oct

Pembiasaan Penanaman ilmu agama ke anak-anak. Mantap Bu

17 Oct
Balas

Terima kasih apresiasinya bapak.. Sukses buat bapak

17 Oct

Aamiin semoga jadi anak Sholeh, solatnya rajin, jadi anak Sholeh, sukses selalu buk

16 Oct
Balas

Aamiin yaa robbal alamiin.. Terima kasihbuntuk apresiasinya Sukses buat bunda..

17 Oct

Aamiin yaa Allah...

16 Oct
Balas

Aamiin yaa robbal alamiin.. Terima kasih apresiasinya bunda

17 Oct



search

New Post