Riska Irmawati

"Teruslah belajar, berusaha dan berdo'a jangan pernah putus asa. Selalu bersyukur atas segala nikmatNya." Lulusan S1 Pendidikan Matematika STKIP PG...

Selengkapnya
Navigasi Web
Suasana Bali terasa di SDN Bluru Kidul 2
Penampilan Tari Kecak siswa Kelas IVA SDN Bluru Kidul 2

Suasana Bali terasa di SDN Bluru Kidul 2

Suasana Bali di SDN Bluru Kidul 2

Oleh : Riska Dwi Irmawati

Selasa, 13 Desember 2022 hari istimewa bagi siswa kelas IVA SDN Bluru Kidul 2. Betapa tidak, hari kedua dalam Pekan Seni dan Bazar dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan terlaksana Siswa kelas IVA menunjukkan kebolehannya.

.

Dari ratusan tarian yang ada di Indonesia, jatuh hatinya ke tari Kecak dari Bali. Semua siswa putra ikut serta dalam tarian ini ditambah ananda Mirabel berpasangan dengan ananda Prio menarikan tarian Bali. Sejak awal persiapan di kelas suasana Bali terasa, bunga kamboja semerbak mengharumkan kelas IV.

.

Dengan kostum yang dipakaianya

🧶Saput poleng kain yang bercorak kotak kota hitam putih abu-abu yang mempunyai nilai sakral oleh masyarakat Bali yang sering digunakan pada upacara khusus di Bali. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Saput Poleng disimbolkan sebagai keamanan dan penjagaan.

🧶 Udeng sebagai penutup kepala yang menjadi ciri khas masyarakat Bali. Udeng yang dikenakan pada acara tertentu seperti saat beribadah. Udeng menjadi simbol kebanggan dan kebudayaan Bali.

🧶 Bunga Kamboja putih memang selalu identik dengan masyarakat Bali. Para wanita dan pria senantiasa menggunakan bunga kamboja sebagai aksesoris yang umumnya diletakkan di bagian telinga.

🧶 Pemakaian Bija di Kening yang berarti padi-padian utuh berbau wangi yang diletakkan di kening menambah suasana di Bali semakin terasa.

.

Suasana Bali sangat terasa di SDN Bluru Kidul 2 saat musik gamelan Bali diperdengarkan dengan gerakan tari Kecak oleh siswa Kelas IVA. Tari Kecak sebagai pembuka acara hari ini. Suara gemuruh tepuk tangan dari para penonton siswa dan wali murid yang hadir menambah suasana semakin semarak. Semua penonton merasakan suasana Bali hadir di SDN Bluru Kidul 2. Merasakan kesakralan dan kehangatan Bali yang selalu bikin kangen.

.

Penampilan siswa Kelas IVA sangat luar biasa memberikan penampilan yang wowwww keren. Dengan kompak dan memberikan penampilan yang totalitas. Terima kasih hari ini kalian memberikan penampilan yang luar biasa. Ibu bangga dengan kalian. 😘

.

Tetap Berkebhinekaan Global sebagai Rasa Cinta Tanah Air. Melestarikan budaya dengan menarikan berbagai tarian. Kalian luar biasa...

.

Terima kasih juga untuk mama-mama hebat IVA

#pelajarpancasila

#P5

#gayahidupberkelanjutan

#berkebhinekaanglobal

#tagur1

#tagur365hari

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post