Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jakarta Seputar Proklamasi dan rapat Raksasa IKADA (3) (266)
koleksi

Jakarta Seputar Proklamasi dan rapat Raksasa IKADA (3) (266)

Jakarta Seputar Proklamasi dan rapat Raksasa IKADA (3) (266)

oleh Rismalasari

Masih sekitar webinar Dinas budaya dan pariwisata DKI Jakarta tema Rapat Raksasa Ikada. Tokoh Islam lainnya yang mengawali pemerintah baru RI adalah Guru Amin. Beliau adalah ulama Betawi terkemuka yang berasal dari kawasan kalibata.

Di masa revolusi kemerdekaan guru Amin adalah satu - satunya ulama yang ikut berjuang melawan Belanda. Ia memimpin santrinya dalam pertempuran melawan Belanda di kalibata. Beberapa kali rumah guru Amin keluarga nya didatangi Belanda. Sehingga guru Amin akhirnya melarikan diri ke Cikampek dengan menyamar sebagai tukang beras.

Di Cikampek bersama santrinya memimpin pertempuran melawan Belanda di beberapa front. Ketika Guru Amin kembali ke rumah nya di kalibata pada 1948, rumah nya berantakan karena digeledah paksa oleh Belanda. Semua kitab yang disusun di lemari berantakan dan tidak bisa digunakan lagi.

Tokoh Islam lainnya yang mengawal kemerdekaan Indonesia adalah KH. Rahmatullah Shidiq. Beliau ulama Betawi terkemuka dari kawasan Kampung Baru. Beliau sebagai pengatur dan penyedia logistik bagi pasukan TKR di kawasan Rengas Dengklok, Bekasi dan Jakarta.

Berkat perjuangan beliau yang mengamankan logistik bagi para pejuang. maka perjuangan melawan kolonial Belanda tetap berlangsung dan mengantarkan kemerdekaan Indonesia secara de fakto tahun 1945.

Setelah pengerahan kedaulatan kemerdekaan, beliau aktif di Nahdlatul ulama dan partai Masyumi.

( Bersambung sesi 4)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase yang hebat Bu....sehat dan sukses selalu

23 Sep
Balas

Terima kasih

23 Sep

Luar biasa Bunda penuh inspirasi dan mencerahkan

23 Sep
Balas

Mantap ulasannya

23 Sep

Masya Allah terima kasih Bunda

23 Sep
Balas

Sama sama

23 Sep

Sukses selalu Bunda

23 Sep
Balas

Terima kasih

23 Sep

Subhanallah artikel yang menarik sarat sejarah bangsa

24 Sep
Balas

terima kasih

24 Sep

Komplit informasinya. Mantap

23 Sep
Balas

Terima kasih

23 Sep

Reportasenya dapat memberikan pengetahuan buat peembaca. Sukses selalu Bunda Risma

23 Sep
Balas

terima kasih

23 Sep

terima kasih

23 Sep

terima kasih

23 Sep

terima kasih

23 Sep



search

New Post