Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kepramukaan dan Pendidikan Kepramukaan Pasca  Permendikbudristek no. 12 2024 (825)
Koleksi

Kepramukaan dan Pendidikan Kepramukaan Pasca Permendikbudristek no. 12 2024 (825)

Kepramukaan dan Pendidikan Kepramukaan Pasca Permendikbudristek no. 12 Tahun 2024 

Oleh Rismalasari 

 

Pendidikan Kepramukaan telah lama diakui sebagai salah satu instrumen penting dalam pembentukan karakter dan kepemimpinan generasi muda. Dengan dikeluarkannya Permendikbudristek no 12 tahun 2024, kepramukaan menjadi semakin relevan dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang.

 

Peran kepramukaan tidak hanya sebatas kegiatan di lapangan, tetapi juga dalam membentuk sikap mental, kepemimpinan, dan keterampilan beradaptasi. Permendikbudristek no 12 tahun 2024 memberikan landasan yang kuat untuk memperkuat Pendidikan Kepramukaan, dengan menekankan pada pengembangan keterampilan abad ke-21, termasuk literasi digital, kewirausahaan, dan kreativitas.

 

Pendidikan Kepramukaan pasca Permendikbudristek no 12 tahun 2024 harus melampaui sekadar aktivitas fisik di alam terbuka. Program-programnya harus dirancang untuk memberdayakan peserta didik dalam menghadapi tantangan global, seperti perubahan iklim, keragaman budaya, dan kemajuan teknologi.

 

Dalam era di mana informasi dapat diakses dengan mudah melalui internet, Pendidikan Kepramukaan harus mendorong generasi muda untuk menjadi pemikir kritis dan pengguna teknologi yang bertanggung jawab. Mereka harus dilatih untuk memilah informasi, mengevaluasi kebenaran, dan menggunakan teknologi secara etis.

 

Selain itu, kepramukaan juga memberikan ruang bagi pembentukan karakter yang kuat. Melalui kegiatan seperti kemah, perlombaan, dan kerja sama tim, peserta didik belajar tentang kejujuran, tanggung jawab, dan solidaritas. Ini adalah nilai-nilai yang penting untuk dibawa dalam kehidupan sehari-hari dan karier masa depan.

 

Namun, keberhasilan Pendidikan Kepramukaan pasca Permendikbudristek no 12 tahun 2024 tidak hanya terletak pada kebijakan dan program yang disusun. Peran guru, pembimbing, dan pemimpin pramuka sangat penting dalam membimbing dan menginspirasi generasi muda. Mereka harus menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dan memberikan dorongan kepada peserta didik untuk berkembang secara pribadi dan sosial.

 

Dengan menjadikan Pendidikan Kepramukaan sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah, kita dapat membentuk generasi yang lebih mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab. Mereka akan menjadi pemimpin masa depan yang siap menghadapi berbagai tantangan global dengan keberanian dan integritas.

 

Maka, mari kita bersama-sama mendukung dan mengaktifkan Pendidikan Kepramukaan pasca Permendikbudristek no 12 tahun 2024, sebagai investasi dalam masa depan bangsa yang lebih baik.

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih

03 Apr
Balas

Salam Pramuka

03 Apr
Balas

Salam Pramuka

04 Apr



search

New Post