Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Langkah  Praktis Menerbitkan Buku
Koleksi

Langkah Praktis Menerbitkan Buku

Langkah Praktis Menerbitkan Buku

Oleh Rismalasari

Resume ke-30

Gelombang: 28

Tanggal : 17 Maret 2023

Narasumber: Mukminin, M.Pd

Moderator: Muliadi, S.Pd

Resume materi pertemuan :

Sebuah quote dari mujahid mesir, Sayyid Qutb rasanya patut menjadi renungan dan menjadi motivasi buat kita . Satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, tetapi satu tulisan bisa menembus ribuan dan bahkan jutaan kepala.

Tentulah yang dimaksud Sayyid Quth tersebut adalah bahwa pengaruh tulisan itu luar biasa besar dan luas. Lihat saja buku Ihya Ulumiddin karya Imam Alghazali, buku yang terbit lebih seribu tahun yang lalu itu hingga kini terus dibaca dan mempengaruhi orang.

Nah, semoga bapak ibu semua yang telah berhidmat melalui tulisan, segera menerbitkan buku.

Menerbitkan buku merupakan salah satu mata rantai dari aktivitas menulis.

Tulisan yang tersimpan begitu saja, tidak diterbitkan tentu akan kurang pengaruhnya baik bagi diri si penulis maupun orang lain. Penulisnya tidak dikenal, sedangkan ide dan gagasan si penulis pun tidak tersampaikan.

5 tahapan cara menulis dan menerbitkan buku yang tepat:

1. Prawriting

2. Drafting

3. Revisi

4. Swa sunting

5. Publikasi

Ini syarat-syarat mengajukan no. Buku Ber-ISBN:

1. Penerbit harus mempunyai Link berbayar

2. Buku yang.diajukan no. ISBN harus dikirim lengkap ke Web Perpusnas :

a. Cover buku

b. Permohonan ISBN Buku ke Perpusnas Nasional oleh penanggung jawab penerbit (Direkturnya)

c. Surat Pernyataan Keaslian Karya bermaterei 10.000 dan ditandatangani penulis mengetahui penanggung jawab penerbit dg stempel peberbit

d.Naskah buku yg sudah dilayout bentuk PDF lengkap atau utuh satu buku harus diberi WATERMAK spt ini dan nama judul buku dan peberbit.

Apakah buku yang diterbitkan berISBN? Berapa hari waktu yang diperlukan untuk menerbitkan buku? Apakah buku yang diterbitkan berikut jasa editingnya atau penulis buku yang menjadi self editor? Penerbitan buku bapak termasuk penerbit indi atau mayor?

Ya benar buku ber ISBN dari perpusnas , untuk menerbitkan bisa 1 bulan jadi, ada proses editing dan layout dr penerbit. Camila press termasuk penerbit Indi.

1.untuk penerbit adakah Standar kertas yang baku serta biaya yang menjadi patokan oleh setiap penerbit

2.selama cak min , menerbitkan buku ada kah permintaan yang aneh aneh dari konsumen atau penulis.

Untuk membuat CV hingga memiliki usaha penerbitan buku beserta karyawannya dan sarana prasarananya, berapa gambaran modal awal yang dikeluarkan ? Relatif tergantung kondisi minimal bisa juga maksimal

Apakah secara financial, membuka penerbitan buku itu profit pak? Karena, menjual buku itu agak sulit dan lama menurut saya. Bagaimana strategi bapak agar buku yg dicetak bisa langsung ke jual?

Punya trik dan tim marketing yang hebat untuk menjual buku karya kita.

Penerbitan buku di era digital saat ini terus berkembang dengan cepat. Tentunya dalam rangka menyesuaikan perkembangan zaman, mungkin ada inovasi penerbitan buku yang muncul yang dapat mempengaruhi cara kita membaca, menulis, dan mengonsumsi buku. Menurut Bapak seperti apa bentuk inovasi-inovasi penerbitan buku tersebut, mulai dari cara buku diproduksi, didistribusikan, hingga cara buku dijual dan dikonsumsi?

1. Jika di Penerbit seperti Andi penulis bisa memeroleh Royalti, apakah di Penerbit Kamila juga demikian? Tidak

2. Bisakah penerbitan itu dilakukan berkali-kali. maksud saya karena itu buku pelajaran, mencetaknya hanya sejumlah peserta kuliah, pada setahun kemudian mencetak lagi? Bisa cetak ulang

3. Apakah itu juga berarti cetakan ke- 2, dst? Tetap seperti cetakan pertama jika tidak ada revisi. Bisa cetak berkali-kali sesuai permintaan.

Simpulkan pertemuan sebagai berikut:

1. Menerbitkan buku ber-ISBN tidak sulit yang penting penuhi syarat-syaratnya, terutama untuk karya solo. Untuk karya bersama atau antologi, ada pilihan QRCBN

2. Membuka usaha penerbitan tidak perlu memiliki usaha percetakan sendiri, tetapi kita bisa bekerja sama dengan pemilik usaha percetakan. Membuat usaha penerbitan juga tidak perlu modal besar, yang penting cukup.

Demikian resume pertemuan ke-30 KBMN PGRI angkatan 28, semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih

17 Mar
Balas

Terima kasih om Jay

18 Mar

terima kasih admin

17 Mar
Balas

terima kasih telah berkenan berbagi tentang penerbitan buku berISBN

17 Mar
Balas

Sama-sama

17 Mar



search

New Post