Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Senangnya Membuat Ecobrick (338)
Koleksi

Senangnya Membuat Ecobrick (338)

Senangnya Membuat Ecobrick (338)

Oleh Rismalasari

Salah satu program unggulan dari SMPN 1 Cibungbulang adalah Adiwiyata yaitu sekolah berwawasan lingkungan. Program yang mengedukasi siswa agar cita lingkungan dan dapat melakukan 3 R reduse, reuse dan recycle. Untuk itu tema dari kewirausahaan yang diusung oleh sekolah penggerak adalah berkreasi dengan barang bekas. Konsepnya sampah berbuah rupiah.

Implementasi projek kewirausahaan dari barang bekas adalah salah satunya membuat ecobrick. Kesenangan siswa membuat ecobrick terlihat saat mengerjakannya. Kerjasama dan kolaborasi , kreatif, inovatif diutamakan sebagai karakter yang harus dibangun. Hasil dari ecobrick ini adalah kursi meja yang bisa digunakan sebagai tempat duduk.

Prosesnya sangat mudah, siswa hanya menyediakan botol air mineral bekas lalu mengisinya dengan padat menggunakan media kain bekas atau plastik bekas hingga botol mengeras. Kemudian disatukan membentuk formasi hingga kuat. Akhirnya ecobrick dilapisi kain perca dan busa agar bisa cantik dipandang mata.

Setelah karya 3 R itu jadi, senyum kesenangan dari semua siswa tergambar jelas. Selama beberapa pertemuan bisa menghasilkan karya yang keren dan luar biasa. Semoga penguatan karakter profil pelajar Pancasila terbentuk dalam projek ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

menghasilkan karya yang keren. Mantap

04 Dec
Balas

Ya pak tetima kasih

04 Dec

Mana, Bu?

04 Dec
Balas

Sudah ada silahkan

04 Dec

Karya yg sangat bermanfaat

05 Dec
Balas

Terima kasih

05 Dec

Karya yang keren. Sukses selalu

05 Dec
Balas

Terima kasih

05 Dec

Mantul Bu

04 Dec
Balas

Terima kasih

05 Dec

Kreatif bu..ini harusnya diikutkan lomba tingkat ASEAN kategori Junior, bu..ayo aja nih

05 Dec
Balas

Wah lomba dimana ya? Blm ada info

05 Dec

Kreatif dan menginspirasi

05 Dec
Balas

Terima kasih

05 Dec

karya yang luar biasa bucan, salam sukses

04 Dec
Balas

Tetima kasih

04 Dec

Keren kreatifitas Siswa. Sukses selalu Bunda.

04 Dec
Balas

Terima kasih

04 Dec

Luar biasa kreativitas siswanya. Sukses Bu rismalasari

04 Dec
Balas

Terima kasih

04 Dec

Sukses...kreatif...boleh ditiru kan Bund. Salam sukses selalu

04 Dec
Balas

Terima kasih

05 Dec

Keren. Salam literasi.

05 Dec
Balas

Terima kasih

05 Dec

Keren dan kreatif untuk P5

05 Dec
Balas

Terima kasih

05 Dec



search

New Post