Rismawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Memaknai Sumpah Pemuda dengan Produktif Berkarya
Memaknai Sumpah Pemuda dengan Produktif Berkarya

Memaknai Sumpah Pemuda dengan Produktif Berkarya

“Memaknai Sumpah Pemuda dengan Produktif Berkarya”

Oleh: Rismawati, S.Pd, M.Pd

 

            Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, sering kali diisi dengan kegiatan upacara dan lomba-lomba. Bagaimanakah cara memaknainya? Yuk kita simak uraian berikut ini!

            Sumpah Pemuda dikumandangkan pertama kali pada akhir kegiatan  Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Teks “ Sumpah Pemuda” yang dirumuskan oleh Mohammad Yamin ini telah berhasil menjadi pondasi bagi terwujudnya Bangsa Indonesia Merdeka, Bersatu dan Berdaulat. Setelah Merdeka,  setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda dan bulan Oktober dijadikan sebagai bulan Bahasa.

            Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memaknai hari Sumpah Pemuda, namun bagiku ada cara tersendiri yakni dengan berupaya menghasilkan karya dengan cara yang sederhana. Cukup dengan membiasakan diri berbahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan setiap hari. Pembiasaan tersebut dilakukan di rumah, di lingkungan tempat kerja dan di lingkungan masyarakat.

            Setelah itu, jangan lupa mengembangkan kefasihan berbahasa lisan dengan mengikuti Webinar, Seminar, Focus Group Discussin (FGD) dan kegiatan Ceramah Agama/Pengajian.

            Jangan lupa meningkatkan  pengetahuan berbahasa dengan rajin membaca. Kemudian berupaya meningkatkan keterampilan berbahasa tulis dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang marak diadakan oleh berbagai lembaga diklat dewasa ini terutama oleh Mediaguru.id.   

            Selanjutnya aplikasikan ilmu-ilmu yang didapat dari kegiatan pelatihan sampai benar-benar menghasilkan karya yang produktif dan bermutu. Karya yang dihasilkan tentu saja sesuai dengan jenis pelatihannya. Misalnya dari pelatihan “Mengubah KTI (Karya Tulis Ilmiah) menjadi buku,” dapat dihasilkan buku Non Fiksi yang ber-ISBN. Sedangkan Karya Tulis Ilmiah yang dapat diubah menjadi buku antara lain Sripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian Eksperimen, Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Laporan Best Practice.   Karya bermutu lainnya adalah buku Kumpulan Cerpen, Novel, Kumpulan Puisi, Best Practice dan Buku Cerita Anak.

            Mengasah keterampilan menulis perlu dilakukan dengan menulis artikel secara rutin setiap hari misalnya dengan mengikuti tantangan menulis 365 hari di Mediaguru.id yang diposting di Media Guru Indonesia (Mediaguru) Baru-Facebook. Sedangkan untuk mempermahirnya dapat dilakukan dengan mengikuti program “Menulis Bareng Pemred (Pemimpin Redaksi) Mediaguru.id.” Kegiatan ini ternyata sangat mengasyikan dan menarik. Kita tidak perlu pusing-pusing mencari ide sendiri tentang artikel yang akan ditulis. Pemimpin Redaksi Mediaguru.id sangatlah brilliant, selalu siap dengan ide-ide yang cemerlang dan up to date.  

            Terakhir jangan lupa menguji keterampilan berbahasa dan menulis dengan mengikuti lomba-lomba menulis yang diselenggarakan oleh  Mediaguru.id setiap bulannya termasuk di bulan Oktober Tahun 2021 ini. Dengan rutin mengikuti lomba setidaknya ada satu karya yang tercipta setiap bulan yang terketik dan tersimpan rapi di laptop.  Jika beruntung menang, maka akan terbit 1 buku antologi setiap bulannya. Yuk mari maknai “Sumpah Pemuda” dengan produktif berkarya.

Profil Penulis

 

Penulis bernama Rismawati, S.Pd, M.Pd yang kelahiran Koto Tinggi, Pariaman 13 juni 1967 ini adalah Guru Biologi di SMAN 29 Jakarta. Mulai aktif sebagai anggota Gurusiana setelah mengikuti pelatihan “Mengubah KTI Menjadi buku Angkatan 6” yang menelorkan buku perdananya berjudul “Peran Model pembelajaran Example Non Example dalam Mengoptimalkan Hasil Belajar” dan termasuk 1 diantara 123 penulis buku “Warna Kasih Ibu.”  Buku yang ketiganya  adalah Novel berjudul “ Anugerah dan Cinta.”   Pemenang lomba menulis artikel tentang “Pelestarian Lingkungan, Tubuh Bugar, Ide Segar, Literasi Gencar” dan peserta menulis Buku No Bapper 5 ini, sedang menyelesaikan Kumpulan Puisi dan Cerpen serta aktif memposting artikel /tulisan di Mediaguru.id. Penulis dapat dihubungi melalui email: [email protected], WA :081908355529, akun gurusiana: rismawatimpd.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Semoga sukses dalam lombanya. Salam literasi

10 Oct
Balas

Keren ulasannya,sukses ya Bu Rismawati

10 Oct
Balas

Top luar biasa bu

10 Oct
Balas

Terima Kasih Pak Dede, Pak Rochadi dan Pak Sukadi, Aamiin

10 Oct
Balas

Terima Kasih Pak Dede, Pak Rochadi dan Pak Sukadi, Aamiin

10 Oct
Balas



search

New Post