RISNA MILAWATI

Panggilan ku Mila, aku seorang guru honorer di sebuah SMP Di Lubuk Basung, aku mengajar di sekolah dan di rumah aku menjadi seorang penjahit disela-sela waktu y...

Selengkapnya
Navigasi Web

Shalat Kewajiban ku

Shalat

Oleh : Risna Milawati

Shalatmerupakan tiang Agama. Barang siapa menegakkan Shalat berarti ia telah menegakkan agama. Barang siapa yang meninggalkan shalat berarti meruntuhkan agama. (Hadits Nabi). Shalat itu kewajiban yang telah ditentukan waktunya bagi orang-orang yang beriman.

Salat artinya doa. Salat diartikan pula sebagai serangkaian ucapan dan gerakan tertentu yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Salat dilaksanakan untuk membuktikan pengabdian diri kita kepada Allah SWT.

Melaksanakan salat berati menyembah Allah SWT, berdoa, memohon ampunan dan bersyukur kepada Allah SWT.

Dari salat yang kita lakukan setiap hari itu sangat bermanfaat sekali. Manfaat dari shalat subuh adalah :

1. Selalu mengingat Allah SWT

2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

3. Disiplin waktu

4. Hidup bersih

5. Hidup tertib dan teratur

6. Bersikap rendah hati

7. Hidup damai dan menyebarkan keselamatan

8. Hati menjadi tenang dan tentram

9. Membina kebersamaan, persatuan dan persaudaraan

10. Memelihara diri dari perbuatan dosa

Itulah diantara manfaat melaksanakan shalat. Ayat yang berkenaan dengan shalat banyak. Diantaranya adalah Surat Al-Isra ayat 78 yang artinya

"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."

surah Al-Ankabut ayat 45:

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya daripada ibadah – ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan"

Perintah shalat ini dijemput oleh Nabi ketika Isra' Mikraj 27 Rajab. Tentang isra' Mikraj ini terdapat pada Al-Quran Surat Al-Isra ayat 1.

Marilah kita dirikan Shalat 5 waktu sehari semalam. Dilanjutkan dengan shalat sunatnya. Insyaallah kita Istiqamah selamanya untuk melaksanakan Salat aamiin.

#Al-Quran dan terjemahan

#Buku Agama

#ikhlas

#Menulis

#Sabar

Batapia, 24022022

#Tagur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

24 Feb
Balas

Alhamdulillah. Terimakasih ibu. Salam literasi. Insyaallah Ibu sehat selalu dan makin sukses aamiin

24 Feb

Alhamdulillah

24 Feb
Balas



search

New Post