Risty Hartini. R

Saya adalah seorang guru bidang studi di SDN Mappala Kota Makassar.. Motto saya adalah menjadi guru berkarakter!!!...

Selengkapnya
Navigasi Web

Belajar (berbasis otak) itu menyenangkan

BELAJAR (BERBASIS OTAK) ITU MENARIK DAN MENYENANGKAN Oleh: Risty Hartini. R, S. Pd.

Belajar adalah suatu proses yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Belajar bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja bahkan dengan segerombolan semut yang berbaris di dindingpun, seseorang bisa belajar tentang makna kerjasama dan kekompakan.Seorang guru juga dituntut untuk belajar setiap hari. Karena, seorang guru adalah panutan yang baik bagi murid-muridnya. Guru adalah pelita dan penuntun jalan bagi generasi penerus bangsa. Dari pemahaman tersebutlah, saya termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan kualitas sebagai seorang guru.Saya adalah seorang guru yang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas 3, 4, 5, dan 6 di SDN Mappala. Meskipun belum diberi amanah sebagai guru kelas, tetapi saya bertekad untuk mengajar dengan maksimal karena semua mata pelajaran penting diajarkan kepada siswa. Oleh karena itu, saya bergabung bersama rekan-rekan guru se-Indonesia dalam sebuah komunitas guru pembelajar online yaitu Neurosains Teacher Club Sekolah Guru Indonesia (NTC SGI).Di NTC SGI, saya mendapatkan banyak sekali pelajaran yang menarik tentang otak manusia dan pelibatan otak dalam pembelajaran di kelas. Banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari dan dapat saya terapkan di dalam kelas. Saat awal menjadi guru, saya adalah seorang guru yang tampak biasa-biasa saja. Saya mengajar dengan metode ceramah setiap hari tanpa mampu berusaha mengembangkan metode-metode pembelajaran. Ketika masuk di dalam kelas, tidak ada sesuatu yang menarik yang bisa saya berikan kepada siswa. Alhasil, siswapun memberikan respon yang biasa-biasa saja dengan ekspresi yang kurang semangat dan kurang ceria.Setelah menyerap ilmu yang diberikan di NTC, saya berusaha menerapkan ilmu tersebut di dalam kelas. Saya mulai menerapkan metode-metode pembelajaran dengan mengaktifkan fungsi otak anak. Dimulai dari awal pembelajaran, saya memberikan apersepsi yang lain dari hari-hari sebelumnya. Saya mulai mengajak siswa untuk melakukan ice breaking yang saya kemas dengan gerakan-gerakan yang unik dan tepuk-tepukan yang membangkitkan semangat belajar mereka.Hal baru yang tidak kalah menariknya adalah saat saya membawa siswa belajar di luar kelas (Outing Class). Sedari dulu, saya sudah berkeinginan untuk melakukan pembelajaran di luar kelas, tetapi saya masih ragu dan kurang percaya diri. Namun, berkat dukungan dari guru-guru hebat NTC, sayapun memberanikan diri melakukan outing class. Saat itu, saya memberikan game “spycode” (game memecahkan kode rahasia) kepada murid-murid kelas 4. Di luar dugaan, ternyata mereka sangat antusias dan bersemangat karena selain metode pembelajaran yang berbeda dan suasana yang berbeda pula, saya memberikan reward atau hadiah bagi siswa yang berhasil memecahkan kode rahasia dengan cepat dan tepat.Betapa bahagianya saya, karena sejak saat itu, anak-anak selalu meminta games setiap saya masuk ke kelas mereka dan mereka selalu mencari saya ketika saya tidak masuk ke kelas mereka saat jadwal mata pelajaran saya.Terima kasih, NTC SGI telah membantu saya memperbaiki kualitas diri sebagai seorang guru. Sejatinya, guru adalah kunci dari keberhasilan generasi penerus bangsa. Maka, sudah selayaknya guru harus terus memacu diri untuk mengembangkan kualitas dan memperkaya diri dengan ilmu-ilmu baru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Super sekali bu..

25 Nov
Balas

Menarik

29 Dec
Balas

Menarik

29 Dec
Balas

Luar biasa perubahan pantastis

29 Dec
Balas

Alhamdulillah guru...

29 Dec

Luar biasa perubahan pantastis

29 Dec
Balas

Setuju sekali Bu...,guru memang harus senantiasa berusaha menciptakan suasana belajar yang menarik. Sukses terus ya Bu.... Salam kenal ,salam literasi....Bu.

29 Dec
Balas

Alhamdulillah ... terima kasih atas supportnya guru. Semoga dapat menginspirasi. Salam kenal juga yah.. salam literasi..

29 Dec

Iya Bu @Anis akromiyah ,saya juga jadi pengen. Bagi ke kita ya Bu Risty gimana caranya......

29 Dec
Balas

Siap guru..

29 Dec

Alhamdulillah.. terima kasih

29 Dec
Balas

Super bgt bu risty..sy jd tertarik ikut NTC SGI...caranya gmn ya bu

29 Dec
Balas

Alhamdulillah semoga bisa menginspirasi yah guru.. In syaa Allah dalam waktu dekat ada batch kedua guru. Ditunggu yah.. nanti sy infokan melalui blog gurusiana.. ☺

29 Dec

Kpn tuh bu...

30 Dec

Super bgt bu risty..sy jd tertarik ikut NTC SGI...caranya gmn ya bu

29 Dec
Balas

Super bgt bu risty..sy jd tertarik ikut NTC SGI...caranya gmn ya bu

29 Dec
Balas



search

New Post