Risty Hartini. R

Saya adalah seorang guru bidang studi di SDN Mappala Kota Makassar.. Motto saya adalah menjadi guru berkarakter!!!...

Selengkapnya
Navigasi Web
My first day school
Hari pertama sekolah kelas 4 SDN Mappala

My first day school

Hari pertama sekolah???

Wah.. rasanya seperti mendengar gemuruh petir dari langit. Hehehe (berlebihan yah)..

Hari pertama sekolah adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh murid-murid dan juga guru. Karena, setelah sekian lama menikmati masa liburan, akhirnya tiba juga waktunya untuk kembali ke sekolah dan menjalankan kegiatan belajar mengajar. Tentunya, berbagai macam respon bermunculan baik itu dari siswa maupun guru. Biasanya di hari pertama sekolah, murid-murid masih terbawa suasana rekreasi saat liburan sehingga membuat mereka kurang bersemangat datang ke sekolah. So pasti...bapak/ibu guru pernah mengalami kelas yang berisikan hanya 10 orang anak bahkan kurang dari itu, bukan?

Nah, Selasa, 9 Januari 2018 adalah hari kedua sekolah namun hari pertama mengajar bagi saya. Saat itu, jadwal mengajar saya di kelas 4 SDN Mappala. Betapa terkejutnya saya karena di hari kedua anak-anak masih terlihat lesu dan kurang semangat kembali ke sekolah. Hmm...sayapun memikirkan cara agar mereka kembali semangat dan siap menghadapi segala tantangan pembelajaran di sekolah.

Saat itu, saya bersama murid-murid kelas 4 melakukan kegiatan menyenangkan sebelum memulai pelajaran. Hal pertama yang kami lakukan adalah membersihkan ruang perpustakaan sebab ruang kelas 4 sedang direnovasi jadi proses belajar mengajar dilaksanakan di ruang perpustakaan. Setelah itu, saya membagi murid-murid menjadi beberapa kelompok dan meminta mereka untuk membuat yel-yel penyemangat. Alhamdulillah.. mereka sangat antusias. Nah, menceritakan pengalaman liburan adalah kegiatan berikutnya yang kami lakukan setelah membuat yel-yel penyemangat. Kegiatan inti adalah bermain sambil belajar dengan permainan "pus langkah tanya jawab". Intinya, permainan tersebut bertujuan untuk mereview pelajaran yang telah lalu.

Wah.. dengan kegiatan yang sedemikian rupa, maka murid-murid menjadi sangat antusias untuk menyambut segala macam tantangan pembelajaran yg akan diberikan oleh guru di sekolah. Mereka sangat ceria dan tak sabar menanti pertemuan selanjutnya tentunya dengan permainan-permainan menarik lainnya.

Nah, bapak/ibu guru, marilah kita membuat suasana belajar di kelas kita menjadi lebih menyenangkan dengan cara-cara yang kreatif. Sebab, guru kreatif merupakan kunci utama bagi keberhasilan peserta didik..

Terima kasih..

Siap menghadapi tantangan pembelajaran!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post