Rita Marlinda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Strategi PDTE Menjadikan Pendidik Berkarakter

Strategi PDTE Menjadikan Pendidik Berkarakter

Dari pengamatan penilik dilapangan banyak sekali ditemukan masalah yang dihadapi oleh pendidik PAUD . Diantaranya masih rendahnya kemampuan pendidik dalam pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran yang belum sesuai dengan perencanaan, kurang kreatifnya pendidik paud dalam membuat bahan ajar dan media pembelajaran. Berdasarkan fakta, pendidik sudah sering mengikuti berbagai pelatihan pembuatan perencanaan dan penilaian pembelajaran seperti dalam acara diklat-diklat, Gugus PAUD, Himpaudi dan pelatihan lainnya. Namun tetap saja pembuatan perencanaan dan penilaian pembelajaran belum maksimal. Setelah dilakukan pemantauan yang lebih mendalam dengan instrument 8 standar nasional pendidikan ternyata permasalahannya terdapat pada pendidik PAUD itu sendiri diantaranya kurang kreatif pendidik PAUD dalam merencanakan kegiatan main, pendidik paud kurang membangun komunikasi dengan teman sejawat, pendidik mampu membuat perencanaan pembelajaran tanpa diawasi oleh kepala sekolah, tidak ada upaya dalam meningkatkan kompetensi diri sendiri dan kurangnya kerjasama antara guru dalam meningkatkan kompetensinya. Dengan ada masalah ini dilapangan maka Penilik mengadakan pembimbingan terhadap pendidik PAUD dengan pendekatan PDTE (Prognosis, Diagnosis, treatment dan evaluasi.)

1. Prognosis

Prognosis (P) adalah mempelajari mengenai gejala-gejala, masalah, kendala dan hambatan yang dihadapi Pendidik Paud dalam melaksanakan pembelajaran dan pengelolaan Paud. Penilik juga mengadakan visitasi dan pemantauan kepada lembaga-lembaga Paud.

Diagnosis

Diagnosis adalah langkah mendiagnosa atau mencari hubungan sebab akibat, mencari mengapa terjadinya hambatan, masalah dan kendala di suatu lembaga, kemudian mencari pemecahannya secara tepat, dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Pada langkah ini yang dilakukan penilik adalah :

1) Penilik melakukan pemantauan dengan instrumen 8 SNP Menganalisis masalah-masalah yang terjadi di lapangan berdasarkan instrument 8 SNP

2) Penilik membuat catatan kritis aspek-aspek apa saja yang perlu dicarikan solusinya saat melakukan pembimbingan.

3. Treatment

Treatmen (T) yaitu perlakuan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi Pendidik Paud. Dalam hal ini langkah yang dilakukan oleh penilik adalah :

1. Penilik mengumpulkan Pendidik PAUD yang mengalami permasalahan yang sama

2. Hasil masing-masing kelompok dipersentasikan dihadapan bersama.

3. Materi oleh penilik pemahaman tentang pembuatan perencanaan dan penilaian pembelajaran dan memberikan tugas lanjutan.

4. Mengadakan kunjungan kelas.

5. Refleksi

4. Evaluasi

Langkah evaluasi adalah langkah untuk mengukur sejauhmana perlakukan yang dilakukan mampu memberikan pemecahan masalah (solusi) dan pada akhirnya memberikan manfaat, hasil dan pengaruh perbaikan kinerja Pendidik Paud

Sinopsis

Nama : Rita Marlinda

Instansi : Dinas Pendidikan Kota Padang

Judul : Strategi PDTE menjadikan Pendidik Berkarakter

Salah satu kegiatan pengendalian mutu program PAUD yang dilakukan Penilik adalah melaksanakan pembimbingan dan pembinaan kepada Pendidik dan tenaga kependidikan. Pembimbingan merupakan kegiatan Penilik dalam memberikan bantuan, fasilitas, dan mengarahkan Pendidik PAUD dalam penyelenggaraan program agar lebih baik.

Berbagai strategi telah dilakukan untuk memecahkan masalah. Strategi PDTE merupakan strategi yang lebih efektif dan maksimal, serta menyenangkan bagi pendidik. Melalui strategi ini, proses pekerjaan dilakukan dengan terencana, sistematis, tepat sasaran dan berkesinambungan, menggunakan berbagai sumber daya yang ada tanpa selalu penilik menangani secara langsung memecahkan masalah yang dihadapi oleh pendidik.

Strategi PDTE telah terbukti memecahkan permasalahan bagi pendidik PAUD dalam perencanaan dan penilaian pembelajaran serta penguatan karakter pendidik PAUD. Langkah-langakah strategi PDTE tersaji dalam buku ini.

PETA GAGASAN

KTI dijadikan buku

Topiknya : Strategi Pembimbingan Pendidik PAUD

OUTLINE BUKU

BUKU : Strategi

Tema : Strategi Pembimbingan Pendidik PAUD

Judul : Strategi Menjadikan Pendidik Berkarakter

Daftar Isi

Kata Pengantar

Bab 1 : Konsep Strategi Pembimbingan PDTE

Bab 2 : Langkah-langkah PDTE

Bab 3 : Penerapan strategi

Bab 4 : Penguatan Karakter Pendidik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu penilik syantiqqq....ditunggu bukunya yaa ...sukses selalu Rita

10 Apr
Balas



search

New Post