Rita Yuliantini

Bekerja sebagai guru Bahasa Inggris di MTs. Negeri 2 Lebak,Banten...

Selengkapnya
Navigasi Web
Empat Asmaul Husna Allah Yang Maha Mengampuni Dosa
Foto: editor.id

Empat Asmaul Husna Allah Yang Maha Mengampuni Dosa

Ada 99 nama yang baik bagi Allah SWT. Kita mengenalnya dengan Asmaul husna. Allah SWT menyukai hamba-Nya yang menyebutkan nama-Nya di dalam untaian doa yang dipanjatkan kepada-Nya. Mempelajari Asmaul Husna berarti mengenali Allah SWT sebagai pemilik nama-nama terbaik. Menyebutkan dan memahami kandungan setiap nama-Nya berarti menyempurnakan nilai ibadah kita kepada-Nya. Maka sebutlah nama-Nya tatkala kita berdoa kepada-Nya.

Biasanya seorang hamba berdoa kepada Allah SWT jika dia memiliki keinginan/hajat maupun memohon ampunan atas kesalahan dan dosa yang diperbuatnya. Dan Allah sangat menyukai hamba yang berdoa kepada-Nya. Allah SWT menyukai hamba-Nya yang mau mendekatkan diri kepada-Nya. Bahkan firman-Nya di dalam Al-Qur'an surah Ghafir Ayat 60 dan Al-Baqoroh ayat 186 disebutkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa siapa saja yang berdoa kepada-Nya.

Manusia tidak luput dari salah dan dosa dan sebaik-baiknya orang yang berbuat kesalahan/dosa adalah orang yang bertaubat kepada Allah SWT, berdoa untuk memohon ampun atas segala dosa yang diperbuatnya.

Di dalam berdoa, sebaiknya menyebutkan nama-nama yang baik bagi Allah. Tatkala kita memohon ampunan, sebutlah lima nama Allah SWT yang menunjukkan bahwa Allah Maha Pengampun.

Adapun nama-nama yang baik bagi Allah yang menunjukkan bahwa Allah Maha Pengampun adalah:

1. Al-'afuwwu (Yang Maha Pemaaaf),

2. Al-Ghafuuru (Yang Banyak Mengampuni)

3. Al-Ghaffaaru ( Yang Maha Pengampun)

4. At-Tawwaabu (Yang banyak Pemberi dan Penerima Taubat)

Allah SWT Maha Menghapus Dosa, menghilangkan dampak buruk dosa dan tidak menghukum pelakunya. Allah SWT banyak menutupi dosa-dosa hamba-Nya, sedangkan ampunan-Nya melampaui siksaan-Nya.

Makna dari lima nama-nama Allah Yang Maha pengampun diatas adalah Dimaafkan, diampuni dan diterima taubatnya yang kemudian akan bermuara pada penghapusan dosa dan pembatalan siksa api neraka.

Di bulan Ramadhan yang penuh ampunan ini, mari kita memohon ampunan kepada Allah yang Maha Pengampun dengan menyebutkan nama-nama yang baik bagi-Nya di dalam doa. Dan yakinlah bahwa Allah SWT akan menerima taubat hamba-Nya yang memohon ampunan.

Wallahu 'alam bi shawwab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya, terima kasih Bu Rita Yuliantini. Salam literasi, sukses selalu

14 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih bapak. Salam sehat dan sukses selalu

14 Apr



search

New Post