Rita Yuliantini

Bekerja sebagai guru Bahasa Inggris di MTs. Negeri 2 Lebak,Banten...

Selengkapnya
Navigasi Web
Empat cara Menghindari Penipuan Saat Belanja Online di Instagram

Empat cara Menghindari Penipuan Saat Belanja Online di Instagram

Saat menjelang Ramadhan dan hari raya lebaran, semakin banyak bermunculan toko online yang menjual aneka rupa barang, khususnya pakaian. Untuk para konsumen, berhati-hatilah dalam berbelanja online agar terhindar dari penipuan. Penjual online disana tidak semuanya baik. Ada beberapa penipu yang turut serta meramaikan, mencari keuntungan dengan jalan yang haram dan sangat tidak dibenarkan oleh agama manapun. Namun penipu tidak akan peduli. Hati mereka sudah tertutup. Mereka tidak takut pada azab dan siksa neraka.

Kenapa seseorang bisa tertipu? Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang tertipu pada saat belanja online, diantaranya:

1. Terlalu percaya Pada toko online

Hal ini terjadi karena mungkin sebelumnya baik-baik saja, tidak pernah tertipu meskipun belanja di toko online yang baru dikenalnya.

2. Tidak teliti

Pembeli kurang teliti pada kelengkapan biodata yang tertera pada akun penjual.

3. Tergesa-gesa dalam berbelanja

Mungkin saja pembeli tergesa-gesa dalam berbelanja sehingga ia tidak sempat melihat biodata penjual dengan baik.

4. Karena kebodohan

Pembeli tidak mengetahui cara mengecek akun penjual tersebut apakah penipu atau bukan.

Untuk menghindari penipuan saat berbelanja online, khususnya toko online yang bersliweran di akun Instagram adalah sebagai berikut:

1. Cek kelengkapan biodatanya. Apakah di dalamnya dilengkapi dengan web, akun shopee, nomor WhatsApp dll. Jika biodata seller sangat singkat, kita perlu berhati-hati.

2. Lihat pada kolom komentarnya. Apakah chat komentar dibatasi atau tidak. Jika chat komentar dibatasi, besar kemungkinan itu adalah penipu.

3. Klik titik tiga pada sebelah atas kanan akun instagramnya, lalu klik "tentang akun ini" dan klik "nama pengguna sebelumnya". Jika sering berganti nama akun, ini perlu dipertanyakan.

4. Cek kontak melalui aplikasi "getcontact" yang bisa diunduh dari google untuk mengecek riwayat yang pernah kontak dengan nomor kontak akun penjual tersebut, apakah chatnya positif atau negatif. Jika chatnya berisi hujatan orang, berarti penjual tersebut tidak bisa dipercaya.

Salam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih informasi nya. Sangat bermanfaat

07 Apr
Balas



search

New Post