Ryantie

“Kehidupan punya cara tersendiri untuk menyeleksi setiap kehendak kita, kita tidak bisa memilih apa yang kita kehendaki, yang terbaik adalah apa yang kita...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengukir Prestasi melalui Pramuka

Mengukir Prestasi melalui Pramuka

Salam Pramuka,

Setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia. Dan selalu diperingati dengan upacara yang cukup khidmat di setiap wilayah di seluruh Indonesia. Mulai dari pangkalan Gugusdepan Sekolah sampai dengan tingkat Nasional. Pramuka (Praja Muda Karana) yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Memiliki Kode Kehormatan Tiga Janji yang disebut “Tri Satya”. Dan sepuluh moral yang disebut “Dasa Dharma”. Sedikit mengingat kembali beberapa puluh tahun yang lalu. Pertama kali menjadi anggota Gerakan Pramuka pada tahun 1975. Hal yang menarik bagiku, menjadi anggota pramuka saat itu adalah kegiatan bernyanyi dan belajar baris berbaris. Mungkin karena pengaruh lingkungan karena aku tinggal di komplek. Setiap hari minggu adalah hari yang selalu aku tunggu, karena apa? Ya, Latihan Pramuka. Dibimbing oleh Bunda Yanda yang sangat mengasyikan. Setiap persyaratan ujian ditempuh dengan baik dan tanpa beban. Karena aku suka. Pada akhirnya aku dan teman teman berkesempatan untuk hadir pada kegiatan Pesta Siaga di Jakarta. Dengan bangga memakai selempang SIAGA GARUDA. Dan dapat bersalaman dengan Bapak Presiden Soeharto. Sebagai perwakilan peserta Pesta Siaga. Wuiihh, rasanya senang sekali. Sayang, dokumentasi tidak secanggih sekarang, sehingga sampai saat ini aku tidak memiliki foto yang bersalaman dengan Bapak Presiden. Tak apalah, yang penting peristiwa penting tersebut terekam dengan baik di kepalaku. Gugusdepan tempat aku berlatih memiliki tempat yang disebut Sanggar Pramuka KPAD Gegerkalong. Berlatih dan berlatih terus setiap hari minggu. Hingga memperoleh Kecakapan khusus PENGGALANG GARUDA serta PENEGAK GARUDA. Beberapa prestasi yang pernah di raih adalah Gugusdepan Terbaik se Kota Bandung, Juara I untuk LT II Kwartir Ranting Sukasari, LT III Kwarcab Kota Bandung, LT IV Kwarda Jawa Barat hingga Juara LT V Tingkat Nasional Tahun 1981 di Cibubur , mengikuti Jambore Nasional 1981 di Cibubur. Dan sebagai hadiah yang paling membanggakan adalah mengikuti Jambore Penggalang se dunia di Kanada pada Tahun 1982. Pernah menjadi Ketua DKR Kwarran Sukasari, Anggota DKC Kota Bandung, Ketua Kwarran Tergiat Tahun 1997-1998 dan 1998-1999. Prestasi yang diraih ini memerlukan perjuangan dan ketekunan serta disiplin yang tinggi. Sampai dengan sekarang hasil pendidikan kepramukaan masih melekat diantaranya disiplin, ketekunan, bersahaja serta integritas dan komitment. Pramuka tidak ada habisnya. Mau tampil keren, jadilah anggota Pramuka yang dapat berkolaborasi, berinovasi dan kreatif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

"Mau tampil keren, jadilah anggota Pramuka yang dapat berkolaborasi, berinovasi dan kreatif." Setuju banget.

15 Aug
Balas

terimakasih Kang Yudha

15 Aug

selamat dan sukses ! Senantiasa menjadi penggerak dan spirit dalam langkah nyata. salam..

15 Aug
Balas

terimakasih....salam

15 Aug

Mantap Pramuka dalam upaya meningkarkan nilai integritas dan mengembangkan karakter yang luar biasa. Tingkatkan dan kembangka satuan karyanya. Selamat HUT Pramuka 14 Agustus 2017

15 Aug
Balas

Terimakasih..salam

15 Aug



search

New Post