riza sofia, M.Pd

Saya seorang guru di sebuah madrasah di tepian Danau Singkarak yaitu MAN 4 Tanah Datar sekaligus di perbantukan sebagai kepala Madrasah KKM yaitu MA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Kimia Sejak Dini (tagur Menuju 365 Hari Ke 256)

Belajar Kimia Sejak Dini (tagur Menuju 365 Hari Ke 256)

Kimia adalah ilmu yang mempelajari komposissi, struktur, perubahan materi serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

ilmu kimia sangat dekat dengan kehidupan sejak kita bangun pagi sampai tidur lagi tidak telepas dari penggunaan zat-zat kimia, sebagai masyarakat awam mengenal kimia itu adalah yang berbahaya saja, sebenarnya kimia itu tidak selalu yang berbahaya namun banyak sekali kebutuhan pokok kita yang merupakan zat kimia. oleh sebab itu kimia ini ada zat nya berbahaya dan ada zatnya sangat di butuhkan dalam kehidupan, makanya kimia sangat dekat dengan kehidupan kita. 

contoh bahan kimia yang merupakan kebutuhan pokok kita seperti Nasi (Karbohidrat) strukturnya C6H12O6, Air (H2O), Udara bersih (O2) dan lain-lain, semuanya itu tersusun atas unsur-unsur kimia yang bergabung membentuk moleku. Nah sangat dekat kan kimia itu dengan kita. 

Sudah beberapa hari ini Mazaya anakku yang paling kecil minta di ajari Kimia, dia melihat buku kimia di ruamh temannya, karen dia tau Ummi nya guru kimia di pinjam buku milik kakak temannya itu, karena merasa kimia itu dekat dengannya,

"ummi dedek mau belajar kimia" 

"oh ya?"

" dedek bawa buku kimia si Rin teman dedek, kami mau belajar kimia sama umi" 

Buku yang dibawanya lengkap kelas X,Xidan XII

"biar kami nanti di SMA tak susah lagi mi"

masyaAllah saya kepikiran juga untuk mengenali kimia sejak dini pada anak-anak. biar mereka tau kenapa dia dilarang makanan kemasan, makanan siap saji, jajanan yang tak sehat lainnya, yang merusak kesehatannya. dan mana makanan yang sehat untuk tubuhnya. jadi mereka tau secara ilmiah kenapa kita melarang dan kenapa kita menyuruh, bukan asal-asal tak boleh saja. 

dengan mengenal kimia sejak dini, maka kimia tidak menakutkan lagi, yang terbayang selama ini sulitnya menghafal rumus dan unsur-nsur kimia, bahayanya zat kimia,  ternyata kimia itu tidak sulit banyak hal yang bisa kita ingat dalam kehidupan sehari-hari, banyak produk kimia yang sangat kita, butuhkan, kimia itu manakjubkan, mengingat kebesaran Allah dengan mengamati reaksi -reaksi kimia yang Amazing, cairan bening dicampur dengan bening bisa menghasilkan warna yang menarik, bisa main api ditangan tidak terbakar, banyak  hal yang menarik dengan mempelari kimia, yang sangat penting adalah kita semakin mengimani kebesaran Allah SWT. 

Ayo belajar kimia sejak dini, Kimia itu mengasyikan.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post