riza sofia, M.Pd

Saya seorang guru di sebuah madrasah di tepian Danau Singkarak yaitu MAN 4 Tanah Datar sekaligus di perbantukan sebagai kepala Madrasah KKM yaitu MA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kampung nan jauah dimato dakek di hati ( Tagur menuju 365 hari ke 264)

Kampung nan jauah dimato dakek di hati ( Tagur menuju 365 hari ke 264)

Kampung itu adalah sesuatu yang dirindukan, walaupun kita sudah punya segalanya di rantau orang namun kampung tak akan terlupakan. pepatah minang mengataka "walaupun hujan ameh di rantau orang, hujan batu di kampuang kito, namun kampuang takkan lupo" begitulah kampung, atau pepatah lain "sejauah-jauah terbangnyo bangau, pulangnya ke kubangan juo".

karena suka duka dijalani dikampung secara bersama-sama, hidup badunsanak. Kalau dulu mandi di sungai bersama, menyuci bareng jemput air bersama-sama dan makan bersama di sawah dan di ladang, walaupun lauk seadanya bahkan kadang-kadang tak pakai lauk sama sekali, cukup dengan daun singkong dan samba lado, tapi nikmatnya luar biasa.

hidup gotong royong terasa sekali dikampung, kalau ada kegiatan "baralek", mendo'a atau kegiatan adat istiadat lainnya, bahkan ada sembelih kerbau atau sapi, semuanya di kerjakan bersama, memasak bersama-sama tidak ada kenal catering. "berat sama di jujung dan ringan sama di jinjing. dan banyak hal lain yang di lakukan secara gotong royong. pekerjaan berat menjadi ringan.

Memang kampung itu ngangenin. selain kebiasaan masyarakatnya yang jarang di temukan di perkotaan, kampung itu udaranya masih segar, penuh kedamaian jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan. apalagi kampungnya berada di daerah pengunungan, selain udaranya segar pemandangan nya indah.

Apalagi masih ada orang tua yang akan di kunjungi, kampungku segalanya, maka bersyukurlah yang masih punya orang tua dikampung, maka manfaatkan lah kesempatan berbakti kepada orang tua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post