Roby Cahyadi

MEMBANGUN KARAKTER ANAK DENGAN KESIBUKAN Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Di antara tanda sempurnanya Islam seseorang adalah meningga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Melepas Anak Agar Mandiri
Study Tour 2019

Belajar Melepas Anak Agar Mandiri

Belajar Melepas Anak agar mandiri

Study tour atau karyawisata, ternyata bisa membuat banyak orangtua merasa kegiatan itu sebagai sesuatu yang berat. Bukan karena mereka harus mengeluarkan uang untuk membayar ongkos, tentunya ada juga yang menjadikan hal itu alasan. Tetapi lebih kepada sisi lain dari kegiatan itu.

Padahal, sudah biasa di berbagai sekolah setiap tahunnya diadakan karyawisata.

Pada hari selasa, 10 Desember 2019 MI. Tarbiyatussa'adah melaksanakan program study tour ke Inagro Ciseeng Bogor. Kegiatan study tour ini diikuti dari kelas 3, 4, dan 5. Sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat, anak-anak bisa belajar tentang dunia luar. Belajar bersosialisai. Belajar bahwa dunia itu luas. Dan, masih banyak lagi lainnya yang bisa diambil selama kegiatan itu berlangsung.

Tetapi, tetap saja, orangtua terkadang merasa "berat" untuk mengizinkan anaknya ikut dalam sebuah study tour, meski uang terkadang bukan masalah.

Karyawisata seperti ini adalah sesuatu yang bagus. Bukan hanya bagi seorang anak, tetapi juga bagi para orangtua.

Bagi seorang anak, ia bisa belajar tentang banyak hal di dunia luar dan melihat banyak hal. Ia bisa menimba pengalaman dan pengetahuan darinya. Sekaligus, juga belajar hidup terpisah dari para pengayomnya selama ini, orangtua.

Dan, bagi orangtua, study tour adalah semacam tryout. Sebuah uji coba kecil untuk menguji diri mereka apakah mampu bertahan dalam rasa "kehilangan" orang yang mereka sayangi. Sebuah kepastian yang akan selalu hadir dalam hidup manusia.

Tidak menyenangkan, tetapi memang study tour bukan hanya memberi pelajaran bagi pesertanya, tetapi juga bagi para orangtua. Sekaligus sinyal agar para orangtua jangan terlena dan harus juga mempersiapkan diri sebelum saat itu tiba.

Saat dimana mereka harus melepas anak kesayangan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kuat hati demi kemandirian anak. Sukses selalu dan barakallahu fiiik

11 Dec
Balas

Melihat foto kegiatan nya, tergambar manfaat yang di peroleh siswa. Hanya saja tidak menutup kemungkinan ada saja orang tua yang tidak mengijinkan sebagaimana telah ditulis. Namun menurutku jumlahnya hanya beberapa saja. Justeru yang saya sayangkan adalah malah dari pihak sekolah memfasilitasi agar orang tua bisa ikut kegiatan tersebut. Berarti tujuan agar anak lebih mandiri tidak tercapai.

11 Dec
Balas



search

New Post