Roby Cahyadi

MEMBANGUN KARAKTER ANAK DENGAN KESIBUKAN Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Di antara tanda sempurnanya Islam seseorang adalah meningga...

Selengkapnya
Navigasi Web
KKG MI PROVINSI DKI JAKARTA

"Dengan E-Learning Kita Songsong Disruktif Teknologi di Era Digital"

PELATIHAN PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (E-LEARNING)

DI MIN 7 CENGKARENG JAKARTA BARAT

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem e-learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Keuntungan yang bisa diperoleh dengan e-learning adalah dalam hal fleksibilitasnya. Melalui e-learning materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, disamping itu materi yang dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia dengan cepat dapat diperbaharui oleh pengajar.

Oleh karena perkembangan e-learning yang relatif masih baru, definisi dan implementasi sistem e-learning sangatlah bervariasi dan belum ada standard yang baku. Berdasarkan pengamatan dari berbagai sistem pembelajaran berbasis web tool yang ada di Internet, implementasi sistem e-learning bervariasi mulai dari yang sederhana yakni sekedar kumpulan bahan pembelajaran yang ditaruh di web server dengan tambahan forum komunikasi lewat e-mail secara terpisah sampai dengan yang terpadu yakni berupa portal e-learning yang berisi berbagai obyek pembelajaran yang diperkaya dengan multimedia serta dipadukan dengan sistem informasi akademik, evaluasi, komunikasi, diskusi dan berbagai educational tools lainnya.

Implementasi suatu e-learning bisa masuk kedalam salah satu kategori tersebut, yakni bisa terletak diantara keduanya, atau bahkan bisa merupakan gabungan beberapa komponen dari dua sisi tersebut. Hal ini disebabkan antara lain karena belum adanya pola yang baku dalam implementasi e-learning, sumberdaya manusia baik pengembang maupun staf pengajar dalam e-learning, keterbatasan perangkat keras maupun perangkat lunak, keterbatasan biaya dan waktu pengembangan.

Istilah e-Learning mengandung pengertian yang sangat luas,

e-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

Workshop yang diselenggarakan oleh KKG MI Provinsi DKI Jakarta ini tujuannya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan pemahaman peserta terhadap sistem pembelajaran berbasis ICT (E-Learning)

2. Peserta mampu membuat bank soal berbasis E-Learning

Kegiatan Workshop E-Learning Sebagai Media Pembelajaran bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah yang dikoordinasikan oleh pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 bertempat di MIN 7 Cengkareng Jakarta Barat.

Peserta kegiatan Workshop E-Learning adalah guru-guru Madrasah Ibtidaiyah yang berada di lingkungan Provinsi DKI Jakarta.

Narasumber dan fasilitator terdiri dari unsur Mahasiswa UIN Syarif Hidayutullah sebagai praktisi kompetensi di bidang E-Learning dan pengurus KKG MI Provinsi DKI Jakarta.

Pelatihan-pelatihan yang diprakarsai oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Provinsi DKI Jakarta haruslah menjadi program rutin yang terstruktur dan dinamis.

Pelatihan merupakan salah satu strategi efektif untuk peningkatan profesionalitas guru di era digital saat ini . Melalui pelatihan E-Learning akan terbangun hubungan profesional dan juga komunitas pembelajar profesional di sekolah yang efektif untuk meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran di sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post