Roby Cahyadi

MEMBANGUN KARAKTER ANAK DENGAN KESIBUKAN Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Di antara tanda sempurnanya Islam seseorang adalah meningga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari pertama pelaksanaan PTS di MI. Tarbiyatussa'adah Kembangan Utara

"Musim PTS Sudah Datang"

"Musim PTS Sudah Datang"

Musim PTS sudah datang kembali! Tahun Pelajaran 2019/2020 telah bergulir, KBM telah berjalan selama tiga bulan. Analisa keberhasilan pembelajaran selama 3 bulan menjadi tolak ukur keberhasilan pengajaran. Penilaian Tengah Semester (PTS) yang sudah terjadwal di dalam Kaldik Tahun Pelajaran 2019/2020 tercatat pelaksanaanya pada bulan september.

Jadwal pelaksaan PTS di MI. Tarbiyatussa'adah dimulai dari hari senin-sabtu, 23-28 September 2019. Arahan dan bimbingan pun disampaikan oleh wali kelas masing-masing di dalam rangka memotivasi murid-murid agar mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Ujian sudah akrab sekali di telinga dan sering dihadapi, tetap saja sering muncul kepanikan, tidak siap, dan rasa khawatir jelang ujian. Walaupun baru PTS, nilai nanti akan memengaruhi keseluruhan nilai akhir di semester, dan bahkan menentukan peringkat, kenaikan kelas, hingga kelulusan.

Persiapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan beberapa perbekalan, agar tidak keteteran mengerjakan soal-soal PTS. Perbekalan tersebut diantaranya: 1. Mepersiapkan Catatan Perbekalan pertama adalah catatan. Terkadang kita mungkin malas mencatat dengan baik dan benar saat belajar di sekolah. Padahal, mencatat materi yang dijelaskan oleh guru sangat penting dan berguna. Selain memiliki materi pelajaran, catatan berguna meningkatkan kualitas diri untuk lebih meningkatkan kreatifitas sebagai pelajar yang mandiri dan peka dengan kebutuhan akan ilmu.

Dengan membiasakan diri mencatat materi dengan rapi, kamu bisa tahu poin-poin penting yang harus kamu pelajari kembali sebelum ujian. Dengan begitu tidak perlu lagi repot-repot membuka buku pelajaran dan membacanya dari awal.

Catatan yang rapi juga bisa membantu mempersingkat waktu belajar. Apalagi jika tulisan tersusun rapi, ditambah dengan stabilo yang menerangkan gagasan pokok tertentu. Hal tersebut bisa membuat lebih semangat belajarnya.

2. Jangan Belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam) Belajar di waktu sempit seringkali dilakukan banyak pelajar. Banyak dampak buruk ketika belajar di waktu yang sempit jelang ujian. kehilangan banyak fokus karena jadi terburu-buru mempelajari semua materi. Akibatnya, materi yang penting bisa saja terabaikan.

Selain itu, belajar dengan SKS juga akan mengganggu waktu beristirahat. Bisa dibayangkan jika materi PTS cukup banyak dan hanya punya waktu semalaman untuk mempelajarinya. Keterbatasan kapasitas memori otak jika terlalu dipaksakan menyimpan materi-materi yang dibaca akan fatal akibatnya, ditambah lagi harus begadang hingga larut malam. Bisa-bisa di pagi hari justru jadi mengantuk dan kehilangan konsentrasi ketika ujian.

3. Mempersiapkan Jadwal Belajar Biasanya ketika musim PTS akan tiba, pihak sekolah dalam hal ini adalah tugas kepanitian yang sudah terbentuk akan memberikan kartu ujian yang berisi jadwal pelajaran beberapa hari sebelum hari pelaksanaan tiba.

Dengan demikian, murid-murid memiliki waktu lebih banyak untuk mempelajari semua materi ujian dengan detail.

4. Kelompok Belajar Kelompok belajar selain bikin belajar lebih mengasikkan dan tidak membosankan, juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan fokus terhadap materi yang dipelajari. Bahkan kelompok belajar juga bisa dilakukan untuk saling membantu kesulitan teman yang sulit memahami dan mengerti pelajaran.

5. Membuat rangkuman Menguasai bahan materi pelajaran tidak cukup hanya dengan membaca dan mencatat saja. Tetapi diperlukan membuat rangkuman agar materi yang dipelajari dapat tersusun dengan rapi dan ada penguat ingatan. Catatan materi yang telah dirangkum bisa menguatkan ingatan kembali disaat lupa dengan materi yang dipelajari.

Perbekalan-perbekalan yang sudah dipersiapkan mudah-mudahan menambah motivasi belajar dan disiplin belajar akan lebih baik lagi serta murid-murid tidak akan keteteran di dalam mengerjakan soal-soal PTS.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post