Roby Cahyadi

MEMBANGUN KARAKTER ANAK DENGAN KESIBUKAN Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Di antara tanda sempurnanya Islam seseorang adalah meningga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sosialisasi Posyandu Remaja & Pemeriksaan Kesehatan MI. Tarbiyatusa'adah

"Remaja Kuat, Remaja Sehat Prestasi Hebat"

"Remaja Kuat, Remaja Sehat Prestasi hebat"

Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. Kegiatan Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (remaja) kegiatan dilakukan untuk memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja itu sendiri. Tak hanya itu, posyandu remaja juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja secara rutin setiap bulannya.

Kegiatan posyandu remaja menekankan pada pendidikan remaja dan keaktifan remaja itu sendiri atau lebih tepatnya pemberdayaan remaja untuk mengenali dirinya sendiri dan mengenali masalah yang ada dalam dirinya dan memunculkan solusi untuk dirinya. Dalam pelaksanaannya posyandu remaja dibagi menjadi beberapa meja, yaitu;

Dimeja 1 adalah meja pendaftaran, semua peserta yang hadir harus registrasi agar kader remaja dapat mengetahui jumlah peserta yang hadir disetiap posyandu, selain itiu registrasi ini dapat dimanfaatkan untukmelihat jumlah penerima manfaat dan kurvanya setiap bulan untuk bahan evaluasi promosi kegiatan posyandu remaja

Meja 2 adalah meja pengukuran berat badan dan tinggi badan. Dalam pengukuran berat badan tentunya dimanfaatkan sebagai petunjuk adanya remaja yang kurang gizi atau gizi lebih sehingga dapat dilakukan penanggulangan secepatnya. Dimeja ini setiap peserta dicatat hasilnya untukmengetahui pertumbuhannya setiap bulan.

Meja 3 adalah meja gizi. Dimeja ini remaja dapat melakukan konsultasi gizi terutama bagi mereka yang gizi kurang dan gizi lebih. Selain itu dimeja ini juga dilakukan pemeriksaan anemia. Secara berkala dimeja ini juga remaja diberikan vitamin. Bagi remaja yang bermasalah dengan gizi atau masalah kesehatan yanglain, dimeja ini kader akan memberikan rujukan ke sarana pelayanan kesehatan primer yaitu Puskesmas jika memang diperlukan.

Meja 4 adalah meja KIE atau komunikasi informasi dan edukasi. Dimeja ini peserta mendapatkan edukasi mengenai kesehatan remaja.

Nah intinya kegiatan posyandu remaja ini adalah untuk memperdayakan dan melibatkan remaja dalam menjaga kesehatannya dan merencanakan kehidupannya dimasa yang akan datang. Sehingga kegiatan yang dillakukan tidaklah kaku tetapi menjadi kegiatan yang menyenangkan akan tetapi kondisi kesehatan dan pertumbuhannya tetap terpantau setiap bulannya.

Puskesmas Kecamatan Kembangan dan RPTRA Kembangan Utara bekerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussa'adah memulai program perdananya dengan memberdayakan remaja-remaja disekitarnya mengaktifkan kegiatan posyandu remaja.

Kegiatan posyandu remaja dibawah binaan Puskesmas Kecamatan kembangan dilaksanakan setiap hari sabtu minggu yang ke tiga.

MI. Tarbiyatussa'adah merupakan lembaga madrasah yang pertama mengapresiasi mengikuti kegiatan posyandu remaja di wilayah Kecamatan Kembangan diawali dengan Kelas 6 dan didampingi guru-guru menjadi peserta perdana program tersebut. Tekhnis pelaksaanaan dimulai dengan sosialisasi tentang manfaat penting Posyandu Remaja. Tahap selanjutnya adalah Pengecekan Kesehatan remaja. Kegiatan Posyandu Remaja ini diawali dengan pengukuran tinggi badan, berat badan, juga pengukuran tekanan darah dari setiap remaja yang hadir. Pengecekan kesehatan remaja yang teratur dapat membantu tumbuh kembang remaja yang lebih optimal.

Selain pengecekan kesehatan posyandu remaja bermanfaat menambah Pengetahuan dan Wawasan bagi Remaja. Dalam pelaksanaan Posyandu Remaja, sesuai dengan fokusnya tentang permasalahan kesehatan remaja, hadir pula narasumber yang memberikan berbagai pengetahuan baru seputar kesehatan, pemenuhan gizi, maupun perkembangan psikologis remaja. Wawasan remaja juga akan semakin luas karena mendapat berbagai ilmu baru seperti tentang sanitasi, anemia, jajanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Dengan hadirnya program posyandu remaja ini semoga membawa manfaat yang signifikan dalam rangka menjaga kualitas diri yang sehat jasmani dan rohani para peserta didik MI. Tarbiyatussa'adah. Program posyandu remaja ini semoga dapat diikuti pula oleh lembaga-lembaga pendidikan lainnya yang berada di wilayah binaan Puskesmas Kecamatan Kembangan dan para remaja yang berada dilingkungan tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post