Roby Cahyadi

MEMBANGUN KARAKTER ANAK DENGAN KESIBUKAN Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Di antara tanda sempurnanya Islam seseorang adalah meningga...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMERIKSAAN KESEHATAN GIGI DI MI. TARBIYATUSSA'ADAH

"Smile For Life"

Saat ini, Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan triple burden, karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Pada era 1990, penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan. Namun, perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan.

Selasa, 17 September 2019 Program Germas oleh Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat adalah kegiatan pemeriksaan gigi di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatusa'adah Kembangan Utara. Kegiatan ini diperuntukkan bagi murid kelas 1 dan 2. Begitu antusias murid-murid mengikuti kegiatan tersebut. Anak-anak diajari kapan saat yang tepat menyikat gigi dan diberitahu kenapa menyikat gigi harus dilakukan secara rutin.

"Smile for Life" akan mengingatkan kita semua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut demi manfaat jangka panjang.

Bila dilakukan terus menerus, turut memengaruhi kualitas hidup saat ini dan masa depan. Senyum menyiratkan kepercayaan diri dan perasaan bahagia. Senyum dengan sendirinya akan membuat otak memerintahkan agar tubuh tetap menjaga stabilitas dan kesehatan secara mandiri.

Tingkat kesadaran anak-anak MI akan kesehatan gigi masih sangat rendah.

Berharap program sikat gigi hari ini dapat menjadi langkah awal menyadarkan anak-anak betapa pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi supaya mereka senantiasa mendapatkan senyum cemerlang di dalam kehidupannya.

Semoga program ini menjadi kegiatan rutin yang akan diteruskah oleh Lembaga Pendidikan MI. Tarbiyatussa'adah.

Senyum dan Tawa kalian membawa kebahagian bagi kami.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post