Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Donor Darah

Donor Darah

Kegiatan donor darah di SMAN 40 Jakarta sudah menjadi agenda rutin tahunan, untuk menumbuhkan jiwa sosial bagi peseta didik. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja PMR bekerjasama dengan PMI Jakarta Utara. Dari tahun ke tahun, kegiatan ini mendapat respon positif baik dari para guru dan karyawan, maupun peserta didik. Tercatat, ada 230 peserta didik yang sudah berusia 17 tahun atau lebih antusias menjadi peserta donor darah tersebut.

Donor darah memiliki filosofi yang mendalam, yakni memberikan kesempatan bagi individu untuk menyumbangkan sebagian dari sumber daya vital mereka demi kehidupan orang lain. Setiap tetes darah yang diberikan melambangkan kasih sayang, kepedulian, dan solidaritas terhadap sesama manusia. Tindakan ini memperlihatkan bahwa kehidupan seseorang dapat diperpanjang atau diselamatkan dengan upaya sukarela dan kebaikan hati orang lain. Tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima darah, donor darah juga memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan pendonor itu sendiri.

Beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan:

1. Detoksifikasi Tubuh: Donor darah membantu menghilangkan zat berbahaya seperti besi berlebih dalam tubuh. Hal ini membantu mencegah terjadinya penumpukan besi yang berpotensi merusak organ-organ vital.

2. Regenerasi Sel Darah: Setelah pendonoran, tubuh akan memulai proses regenerasi untuk menggantikan darah yang telah disumbangkan. Hal ini memicu produksi sel darah baru oleh sumsum tulang, sehingga membantu memperbarui persediaan darah yang sehat dalam tubuh.

3. Pemeriksaan Kesehatan Gratis: Sebelum mendonorkan darah, setiap calon pendonor akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang komprehensif. Hal ini dapat membantu dalam mendeteksi dini adanya penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

4. Merangsang Produksi Sel Darah Baru: Setelah donor darah, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Proses ini merangsang sumsum tulang untuk memproduksi lebih banyak sel darah, sehingga meningkatkan kecepatan regenerasi sel.

Dengan semakin meningkatnya partisipasi aktif dari peserta didik dan guru SMAN 40 Jakarta dalam kegiatan donor darah, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah dan manfaatnya bagi Kesehatan. Selain itu, donor darah rutin ini juga menjadi bukti konkret tentang solidaritas dan kepedulian antar sesama dalam memastikan ketersediaan darah yang cukup bagi Masyarakat yang membutuhkan.

Antusiasme peserta didik dalam kegiatan donor darah

Sebelum pengambilan darah, peserta donor diperiksa kesehatannya

Secara bergantian peserta didik yang memenuhi syarat diambil darahnya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap surantap ulasan kegiatannya Pak Arif.. Semoga sekolah lain terinspirasi dengan kegiatan yang keren ini. Sukses selalu

20 Sep
Balas

Aamiin...

20 Sep

Mantap pak....sehat dan sukses selalu pak

19 Sep
Balas

tks bu Oria

20 Sep

Indahnya hidup jika bisa saling berbagi kebaikan. Salam sehat dan sukses selalu. Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

19 Sep
Balas

Betul Pak

19 Sep

Donor darah menyehatkan

20 Sep
Balas

Betul Bu

20 Sep

Amin. Ikut bangga dg giat sekolah di bidang kemanusiaan p Rochadi

19 Sep
Balas

Tks Bu Siska

19 Sep

Giat keren ulasan keren...sehat selalu Pak. Siswa siswi nya juga

24 Sep
Balas

Giat kereen ini, Bapak. Jarang sekolah yang melakukannya. Salam sukses selalu.

20 Sep
Balas

Keren Pak, perlu dicontoh kegiatan ini...

20 Sep
Balas

Keren acaranya Pak Rochadi

20 Sep
Balas

Senangnya bisa membantu orang lain. Sayang saya belum bisa karena faktor kesehatan. Semoga sehat selalu Pak Rochadi.

19 Sep
Balas

Aamiin...

20 Sep



search

New Post