Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nyupang

Nyupang

Dengan modal dari hasil merantau, Paijo berjualan sayuran. Dia membeli sayuran langsung dari petani di desanya, kemudian menjualnya di pasar, sehingga ada selisih harga yang lumayan besar. Maka, dalam waktu yang tidak terlalu lama dia berhasil membeli tanah dan membangun rumah yang cukup bagus untuk ukuran orang kampung. Hal ini membuat para tetangganya sirik dan mulai menyebar fitnah, bahwa Paijo menjalani pesugihan atau nyupang. Isu ini semakin santer, karena beberapa orang tetangganya ada yang meninggal mendadak, dan isunya dijadikan tumbal oleh Paijo.

Nyupang merupakan suatu istilah dari bahasa jawa artinya mencari kekayaan dengan bantuan makhluk halus (ghoib) baik setan maupun jin. Media untuk melakukan nyupang beraneka ragam, baik melalui suatu benda yang dianggap pusaka ataupun melakukan kontrak (perjanjian) dengan makhluk gaib seperti jin dan setan.

Secara diam-diam salah satu tetangganya ada yang melaporkanya ke Kepolisian tentang perilaku Paijo. Atas laporan tersebut, kemudian Paijo menerima panggilan dari Polsek setempat, untuk dimintai keterangan. Ketika polisi mengkonfirmasi tentang perbuatan nyupang yang dilakukan, Paijo pun mengakui dengan jujur. “Betul Pak, saya nyupang, alias Nyuwun Maring Pangeran.”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap kisahnya Pak Arif. Sukses selalu

15 May
Balas

Mantap ini nyupangnya hehe.... Emang ada aja yang sirik tuh ya. Keren, Pak

15 May
Balas

Luar biasa menginspirasi pak Rochadi

15 May
Balas

Oh waah .bener itu..

15 May
Balas

Pinteeerr, Paijo. Bener pake banget Jo....

15 May
Balas

Arwana

15 May
Balas



search

New Post