Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Persahabatan Macan Dan Singa

Persahabatan Macan Dan Singa

#tulisan ke-627

Mungkin kita belum lupa dengan insiden yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022. Sebuah tragedi yang terjadi pasca pertandingan sepak bola antara Persebaya Surabaya dengan tuan rumah Arema Malang di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tapi penulis tidak akan membahas peristiwa tersebut, karena di luar ranah dan pengetahuan penulis. Penulis justru ingin bercerita dari sisi lain tentang arti persahabatan antar suporter kesebelasan sepak bola.

Ketika sedang menelusuri sebuah objek wisata kampung Warna Warni Jodipan di Malang, Jawa Timur, ada yang menarik perhatian. Sebuah ruang terbuka yang tidak terlalu luas, letaknya di sisi bawah jembatan kaca menghadap ke kali. Salah satu sisi dindingnya terdapat lukisan harimau atau macan, dengan tulisan “Selamat Datang di Kampung Warna Warni Jodipan Malang”. Sepintas, tulisan tersebut ditujukan kepada semua pengunjung. Karena lukisannya cukup menarik, penulis pun berpose dengan latar belakang lukisan tersebut.

Setelah selesai berfoto, seorang laki-laki yang sedang melukis di dinding pada sisi lain berkomentar,

“Itu logo Jakmania Pak.” Ucapnya, mungkin dia tahu kalau saya dari Jakarta.

“Oh ya, jadi ini gambar Macan Kemayoran to” ucap saya sedikit heran.

“Iya, itu sebelahnya logo Aremamania.” Ucapnya.

Memang ada sebuah lukisan kepala Singa yang merupakan logo Aremania, persis berada di sebelah kanan lukisan Macan kemayoran.

“Kalau Persija main di Malang, biasanya para Jakmania berkumpulnya di sini.” sambungnya.

“Oh begitu,…” ucap saya sedikit bangga.

Penulis memang bukan termasuk penggemar suatu klub sepak bola yang fanatik, tapi setidaknya tahu bahwa suporter kesebelasan tertentu bermusuhan dengan suporter kesebelasan lain. Sebaliknya ada suporter kesebelasan tertentu yang bahkan saling bersahat, termasuk Aremania dengan Jakmania. Saking eratnya persahabatan mereka, maka muncullah lukisan Macan Kemayoran berdampingan dengan lukisan Singa di kampung Warna Warni Jodipan ini. Sayang penulis lupa berpose di depan lukisan Singa itu karena terburu-buru mau cek in ke hotel. Maklum, dari kemarin malam berangkat dari Jakarta belum sempat mandi, hehe…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya pak Arif.. Coba seandainya semua klub dan pendukung fanatiknya bersahabat, tidak ada lagi korban sia-sia.. Sukses selalu

20 Mar
Balas

Betul pak

20 Mar

Semoga makin banyak yang bersahabat spt ini. Ulasan yang informatif. Smg segera sehat dan pulih kembali, Pak

19 Mar
Balas

Aamiin...

20 Mar

Kadang pakde Blangkon tak habis pikir dengan suporter yang anarkis jika tim kesayangan kalah.Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.Salam sehat dan sukses

19 Mar
Balas

Betu, kadang mereka berbuat di luar nalar

20 Mar

Andai semua bersahabat seperti itu Pak ya

19 Mar
Balas

Setuju Pak

20 Mar

Wauw...persahabatan yg indah. Spt kt di dumay lwt tlsn ya p Rochadi

19 Mar
Balas

Betul bu

20 Mar

Tks admin, maaf teman2 gurusiana seharian kemarin tidak sempat SKSS, pulang dari Coban Rais, langsung tepar

19 Mar
Balas

Harusnya semua tim demikian. Salam sukses, Bapak.

19 Mar
Balas

Ya Bun Cicik

20 Mar

Jadi ingat saat anak anak sd di sekolah kami saat saling sindir melalui nyanyian lagu

19 Mar
Balas

Prihatin ya Bu

20 Mar

Mantap ulasannya, pak. Monggo pinarak Jombang, pak Arif.

20 Mar
Balas

Wah, iya Bu. Sayang waktunya mepet. Minggu dah kembali ke Jakarta

20 Mar

Seandainya semua kelompok suporter saling bersahabat tentu dunia sepakbola makin bersinar. Semoga sehat dan sukses selalu Pak Rochadi.

20 Mar
Balas

Betul Bu

20 Mar



search

New Post