Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Siswa Membatik

Siswa Membatik

Batik merupakan salah satu aset budaya bangsa Indonesia yang sangat membanggakan dan perlu dilestarikan. Salah satu yang menjadi ciri khas dari batik adalah cara pengambaran motif pada kain melalui proses pemalaman yaitu mengoreskan cairan lilin yang ditempatkan pada wadah yang bernama canting dan cap.

Dalam rangka melestarikan batik sebagai budaya leluhur bangsa, dan mengisi waktu jedah setelah Ujian Sekolah SMA Negeri 40 Jakarta melalui pembelajaran PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan) memberikan pelajaran keterampilan membatik kepada para siswanya. Pelajaran membatik ini dipelopori oleh guru Seni Budaya dan Bidang Studi PKWU.

Dalam pelaksanaan pembelajaran membatik siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 6 anak memperoleh bahan praktik yaitu kain, pewarna dan malam, untuk proses membuat batik tulis.

Proses yang diajarkan dilakukan dengan runtut, sehingga diharapkan mampu mencapai hasil yang memuaskan. Awalnya, mereka diajarkan mendesain batik pada kertas. Desain itu kemudian dipolakan pada kain dengan teknik tindas, kemudian dibatik menggunakan malam dengan pewarnaan teknik colek maupun celup. Proses dilanjutkan dengan ngiseni, nerusi, nembok, dan mbliriki hingga kain batik siap dikeringkan.

Dalam praktik membatik, selain mendapat pengetahuan siswa juga mendapat keterampilan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih dari itu, siswa juga belajar untuk mengenal dan mencintai budaya bangsa.

Proses pembuatan pola dengan canting

Tidak hanya siswa wanita, siswa pria pun mampu membatik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kalau urusan menggambar, saya kayaknya nyerah deh. Ga ada bagus2nya kalau gambar haha.... Giat yang keren, Pak.

26 Mar
Balas

Menginspirasi pak Rochadi. Luar biasa

21 Mar
Balas

Jadi teringat saya muda. Saya juga pernah belajar. Kini jadilah "Rina yang tak bisa diam" meski sudah tua.

22 Mar
Balas

haha... bisa aja

22 Mar

Wah, keren bgt ini. Sy pernah mendampingi mrd lomba membatik juara 1 se kota Surakarta pak murid sy.

21 Mar
Balas

Mantap giatnya, Bapak. Modal menjadi enterpreneur. Salam sukses.

22 Mar
Balas

Mantap ulasannya, Pak. Salam sukses selalu!

21 Mar
Balas



search

New Post