Rochani Handayani

Menjadi guru adalah cita-cita sejak kecil. Berharap dapat memberikan inspirasi bagi tunas-tunas muda harapan bangsa. Agar mereka dapat mengembangkan segenap pot...

Selengkapnya
Navigasi Web
Book Report!
Tantangan menulis hari ke-13

Book Report!

"Reading is a way for me to expand my mind, open my eyes, and fill up my heart"

- Oprah Winfrey-

Yup, membaca akan memperkaya wawasan, menambah pengetahuan. Membuka mata tentang banyak hal, dan mengisi jiwa agar lebih bijaksana dalam memandang setiap persoalan. Membaca adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang. Iqro! Begitu ayat pertama yang Allah turunkan kepada Rasulullah Muhammad Saw. Karena membaca adalah awal membuka cakrawala. Kelak setelah membaca, kita akan miliki pengetahuan, menerapkannya dalam kehidupan, mengasah ketrampilan yang diperlukan, untuk dapat bermanfaat bagi sesama. .

Well, English is an International language. Bahasa pergaulan dunia internasional. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, akan mempermudah kita berkomunikasi dengan bangsa lainnya di dunia.

Sekolah kami, SMP Global Islamic School memiliki sebuah program unggulan, yaitu BOOK REPORT. Sebuah project bagi siswa kelas 8 yang terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris serta informasi dan teknologi komunikasi (ICT). Dimana setiap siswa diwajibkan untuk membaca satu buku berbahasa Inggris, membuat laporan mengenai buku tersebut (mereview buku), menuliskannya dalam bentuk paper berbahasa Inggris, lalu mempresentasikannya di depan guru penguji dalam bahasa Inggris. Keren kan?.

Biasanya ujian presentasi books report dilaksanakan secara langsung di sekolah. Namun kondisi Pandemi membuat presentasi terpaksa dilakukan di rumah, didokumentasikan dalam bentuk video lalu diupload media Social YouTube. Meskipun demikian, mereka tetap keren! .

Melalui kegiatan Book Report ini, banyak hal yang diperoleh anak sebagai sebuah pengalaman belajar yang tentunya akan bermanfaat di masa depan. Apa saja yang diperoleh mereka dari kegiatan Book Report ini? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak. Dengan membaca buku berbahasa Inggris, mereka akan memperoleh banyak kosa kata bahasa Inggris baru yang sangat berguna untuk meningkatkan skill bahasa Inggris mereka

Membangun budaya literasi. Sikap gemar membaca.

Belajar sistematika penulisan laporan yang baik. Apa saja yang harus dituliskan dalam laporan secara berurutan.

Melatih public speaking. Ketika mereka harus menyampaikan laporan mengenai buku yang dibacanya di depan para penguji dan teman-teman.

Membangun kepercayaan diri. Berdiri di depan umum, menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris, tentu bukanlah hal yang mudah. Karenanya kegiatan presentasi Book Report ini, sangat baik sekali bagi siswa untuk punya kepercayaan diri yang tinggi.

Terbiasa dengan deadline dan tahapan menyelesaikan pekerjaan. Bagaimana memanage waktu dengan baik, menyusun rencana untuk menyelesaikan project yang diberikan dan lain-lain.

Belajar saling menghargai. Ketika seorang siswa tampil mempresentasikan bukunya, maka yang lain harus menghargai. menyimak dengan baik. Karena dari kegiatan menyimak ini, sesungguhnya siswa belajar banyak.

Mengembangkan kemampuan technologi. Bagaimana mrnyiapkan media presentasi yang baik, informatif, inspiratif, dan menarik.

Insha Allah, pengalaman belajar yang diperoleh melalui kegiatan Book Report iini, akan menjadi pengalaman betharga yang tak akan terlupakan serta bermanfaat bagi kehidupan mereka selanjutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren tulisannya. Sukses Bu...

09 Jun
Balas



search

New Post