Rochani Handayani

Menjadi guru adalah cita-cita sejak kecil. Berharap dapat memberikan inspirasi bagi tunas-tunas muda harapan bangsa. Agar mereka dapat mengembangkan segenap pot...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis untuk Belajar Berani!
Mulai lagi tantangan menulis...

Menulis untuk Belajar Berani!

“Menulis adalah sebuah keberanian”, begitu kata Pramoedya Ananta Toer. Ya, ku rasa begitu! Aku sangat setuju! Karenanya aku menulis agar miliki keberanian. Berani untuk menyampaikan apa yang tak dapat kukatakan dengan mudah karena berbagai alasan. Berani untuk menyatakan apa yang tersimpan dalam pikiran. Berani untuk menceritakan kecamuk hati dan perasaan.

Rasa Cemas, khawatir, takut, malu, atau rasa lainnya bercampur baur dan timbul setiap kali hendak mulai menulis. Butuh keberanian untuk menakklukkannya. Bagaimana jika yang ditulis nanti akan membuat orang lain tak nyaman, meski tidak bermaksud demikian. Bagaimana kalau orang lain tak suka lalu merespon yang tidak-tidak. Takut membuat kesalahan, bahkan malu, kalau orang lain menilai tulisan kita buruk kualitasnya, tidak layak untuk dibaca. Seolah sedang menceritakan aib diri sendiri saja.

Tidak mudah pastinya menghalau itu semua. Hanya mereka yang berani saja! Berani memulai. Berani menerima segala konsekuensi atas apa yang ditulisnya. Berani memaksa diri sendiri untuk terus mengembangkan kemampuan menulisnya. Termasuk berani mengikuti tantangan untuk menulis setiap hari seperti yang dilakukan banyak guru hebat Indonesia bersama Gurusiana ini. Yuk Berani!

Rcnani

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post