Rochani Handayani

Menjadi guru adalah cita-cita sejak kecil. Berharap dapat memberikan inspirasi bagi tunas-tunas muda harapan bangsa. Agar mereka dapat mengembangkan segenap pot...

Selengkapnya
Navigasi Web
Miliki Integritas, Menginspirasi Tanpa Berbatas
Tantangan menulis hari ke-16

Miliki Integritas, Menginspirasi Tanpa Berbatas

Integritas merupakan sebuah konsep konsistensi dalam berbuat dan bertindak yang seringkali dikaitkan dengan kejujuran. Seseorang yang memiliki integritas yang baik, akan bersikap baik, melakukan hal-hal yang baik, sekalipun tidak ada yang memperhatikannya. Memiliki komitmen yang teguh dan bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugas dan kewajibannya. Sikap ini tidak tumbuh secara tiba-tiba, tapi harus dibangun lewat nilai-nilai dan pembiasaan. Salah satunya pendidikan.

Pendidikan berperan penting dalam membangun integritas. Bagaimana seorang anak kelak dapat tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang jujur dan bertanggung jawab. Guru sebagai sosok penting dalam pendidikan di sekolah dan orang tua sebagai sosok penting dalam pendidikan di rumah, memiliki andil yang sangat besar dalam prosesnya.

Apa upaya yang dapat dilakukan orang tua dan guru dalam membangun integritas anak? Mungkin ada banyak hal yang dapat dilakukan, tapi ada satu hal yang paling utama untuk dilakukan. Apa gerangan? Jadilah teladan dan contoh yang baik dalam hal tersebut. Ketika guru dan orang tua ingin anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan bertanggung jawab, memiliki integritas, maka guru dan orang tua harus menunjukkan sikap tersebut lebih dahulu. Menjadi model untuk ditiru. Menginspirasi anak-anak untuk mengikuti.

Guru dan orang tua juga dapat memperkuatnya dengan melakukan pendekatan intelektual. menyampaikan nilai dan pengetahuan tentang pentingnya memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab. Menceritakan kisah-kisah inspiratif tentang sosok jujur dan bertanggung jawab yang hidupnya sukses penuh kemuliaan. Bisa juga dengan mendisplay kata-kata bijak atau quotes berisi pesan tentang kejujuran dan tanggung jawab di tempat-tempat yang strategis dan sering dilihat anak. Di ruang kelas misalnya, atau di dinding rumah.

Ada banyak quotes tentang kejujuran dan tanggung jawab ini. Salah satunya kata-kata Ali Bin Abi Thalib: “Orang yang suka berkata jujur mendapat tiga perkara, yaitu kepercayaan, cinta, dan rasa hormat”. Ketika anak membaca kalimat pesan ini berkali-kali, insha Allah pesan ini akan tertanam di alam bawah sadarnya. Jika jujur, maka akan dipercaya orang, dicintai, dan dihormati. Siapa tak mau mendapatkan 3 hal ini?

Jangan pernah bosan, apalagi melakukan pembiaran. Menutup mata terhadap tindakan curang, tidak jujur, atau tidak bertanggung jawab yang dilakukan anak-anak. Hal ini dapat menjerumuskan anak dan berakibat fatal kelak di kemudian hari. Mari menjadi guru dan orang tua yang memiliki integritas, menginspirasi tanpa batas. Meski raga tak bersama lagi, namun pesan itu akan tetap tertanam di benak anak, menjadi sikap dan prilaku sehari-hari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post